KARAKTERISTIK PERILAKU SOSIAL SISWA DALAM PROSES PENDIDIKAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Sekolah merupakan salah satu faktor dominan dalam mempengaruhi perilaku siswa. Di sekolah siswa berinteraksi dengan siswa lain dengan para guru yang mendidik dan mengajarnya serta pegawai yang berada di dalam komponen-komponen sekolah. Seorang guru sebelum memulai pembelajaran terlebih dahulu harus mengenal karakteristik masing-masing siswanya agar proses pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Dengan begitu guru akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran pada siswa dan mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi pada perilaku belajar siswa. Untuk itu guru-guru juga perlu secara kritis berefleksi terhadap apa yang terjadi didalam kelas karena perilaku siswa sering kali hasil reaksi dari faktor-faktor didalam sekolah. Guru perlu berefleksi tentang lingkungan belajar yang telah mereka ciptakan dan apakah lingkungan tersebut melibatkan semua anak secara aktif dan bermakna.
Â
Kata kunci : karakteristik, perilaku dan pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Husain, Hasan.“Tanggung Jawab Guruâ€. Blog.Com. 10 Maret 2008.
Mahmud. 2006. Psikologi Pendidikan, Bandung: Mutakhir Shafira.
Makmun, Abin Syamsudin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto,Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sujanto, Agus. 2006.Psikologi Kepribadian. Bandung: Bumi Aksara.
Sumadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata,Sumadi. 2007.Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rosdakarya Grafindo Persama
Tu’u, Tulus. 2004.Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.
Yamin,Martinis. 2006.Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: 10.24235/edueksos.v2i1.637
Article Metrics
Abstract view : 1137 timesPDF - 279 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.