KONTRIBUSI EMPIRISME TERHADAP PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ratna Puspitasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Empirisme merupakan salah satu bentuk inovasi yang berani. John Locke adalah tokoh pembawa gerbong aliran empirisme dalam filsafat. Sebuah aliran yang berkiblat bahwa semua pikiran dan gagasan manusia berasal dari sesuatu yang didapatkan melalui indera, melalui pengalaman oleh sebab itu ide bawaan apriori yang diyakini Descrates adalah salah. John Locke sangat percaya bahwa benak manusia sewaktu dilahirkan bagaikan kertas putih ( tabularasa ). Ide yang terdapat di dalam benak manusia sesungguhnya berasal dari pengalaman. Ia hadir secara aposteriori.

Pengenalan manusia terhadap seluruh pengalaman yang dilaluinya ( mencium, merasa, mengecap, mendengar ) menjadi dasar bagi hadirnya gagasan-gagasan sederhana. Namun pikiran bukanlah sesuatu yang pasif terhadap segala sesuatu yang datang dari luar.

Beberapa aktivitas berlangsung dalam pikiran. Gagasan-gagasan yang datang dari indera diolah dengan cara berfikir, bernalar, mempercayai, meragukan dan dengan demikian memunculkan apa yang disebut perenungan. Empirisme timbul sebagai reaksi dari paham rasionalisme “Rene Descartesâ€dan membawa kontribusi dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Kata Kunci: pengalaman, gagasan, pemikiran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adian, Donny Gahral, 2002, Menyoal Objektivisme Ilmu Pengetahuan dari David Hume Sampai Thomas Kuhn, Teraju, Jakarta

Bagus, Lorens, 2002, Kamus Filsafat, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cummins, Robert dan David Owen (eds.), 1999, Central Readings in the History of Modern Philosophy: Descartes to Kant, Wadsworth Publishing Company, Canada

Descartes, René, 1953, Discourse on the Method of Rightly Conducting the Reason and Seeking Truth in the Science, dalam a Discourse on Method, terj. John Veitch, J.M. Dent & Sons Ltd., London

Descartes, René, 1953, The Principles of Philosophy, dalam a Discourse on Method, terj. John Veitch, J.M. Dent & Sons, Ltd., London

Edwards, Paul (ed.), 1967, The Encyclopedia of Philosophy Volume 2, The Macmillan Company & The Free Press, New York.

Edwards, Paul (ed.), 1967, The Encyclopedia of Philosophy Volume 4, The Macmillan Company & The Free Press, New York

Edwards, Paul (ed.), 1967, The Encyclopedia of Philosophy Volume 7, The Macmillan Company & The Free Press, New York

Gallagher, Kenneth T., 1986, The Philosophy of Knowledge, Fordham University Press, New York

Hadi, Hardono, 1994, Epistemologi: Filsafat Pengetahuan, Kanisius, Yogyakarta

Hadiwijono, Harun, 1980, Sari Sejarah Filsafat 2, Kanisius, Yogyakarta

Honer, Stanley M. dan Thomas C. Hunt, 2003, Metode dalam Mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme dan Metode Keilmuan, dalam

Jujun S. Suriasumantri (penyunting), Ilmu dalam Perspektif: Sebuah Kumpulan Karangan tentang Hakekat Ilmu, Yayasan obor Indonesia, Jakarta

Hume, David, 1999, an Enquiry Concerning Human Understanding, dalam Central Readings in the History of Modern Philosophy: Descartes to Kant, Robert Cummins dan David Owen (ed.), Wadsworth Publishing Company, Canada

Jones, W.T., 1969, A History of Western Philosophy: Hobbes to Hume, San Diego, Harcourt Brace Jovanovich, USA




DOI: 10.24235/edueksos.v1i1.367

Article Metrics

Abstract view : 1539 times
PDF - 2481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon