KAJIAN GENDER DALAM PENDIDIKAN IPS: STUDI KASUS TENTANG PERAN WOMAN CRISIS CENTRE (WCC) MAWAR BALQIS TERHADAP KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA PELAJAR PEREMPUAN DI KABUPATEN CIREBON
(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Dewasa ini banyaknya ketidakadilan gender yang dialami oleh banyak perempuan. Gender merupakan konstruksi yang diberikan masyarakat kepada jenis kelamin laki-laki dan perempuan. kekerasan seksual saat ini marak terjadi pada pelajar perempuan yang merupakan penerus bangsa dan harapan bagi bangsa. Bahkan pelakunya merupakan orang-orang terdekat korban. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian study kasus tentang Woman Crisis Centre (WCC) Mawar Balqis dalam pendampingan korban kekerasan seksual terhadap pelajar perempuan.Â
Gender diartikan sebagai perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dilihat dari segi nilai dan tingkah laku, semantara itu dalam khazanah ilmu sosial, istilah gender diperkenalkan umtuk mengacu pada perbedaan-perbedaan antara laki-laki dan perempuan tanpa konotasi yang bersifat biologis. Sedangkan kekerasan seksual yang didalamnya termasuk perkosaan adalah tindakan pseudo-sexual, dalam arti merupakan perilaku seksual yang tidak selalu dimotivasi dorongan seksual sebagai motivasi primer, melainkan berhubungan dengan penguasaan dan dominasi, agresi dan perendahan pada satu pihak (korban) oleh pihak lainnya (pelaku).Â
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan seksual yang sering terjadi, serta peran WCC Mawar Balqis dalam pendampingan korban kekerasan seksual terhadap pelajar Perempuan di Kabupaten Cirebon. Selain itu penelitian ini menjelaskan layanan-layanan yang diberikan oleh WCC Mawar Balqis baik pendampingan advokasi maupun pendampingan psikologi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pemikiran baik tentang gender maupun tentang kekerasan seksual. selain itu penelitian ini juga menjelaskan pentingnya pembahasan gender dalam pendidikan IPS, agar tidak adanya ketidakadilan gender yang terjadi dalam pendidikan IPS, serta penelitian ini menjelaskan tentang perkembangan sosial psikologi pada pelajar perempuan.
Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan penelitian kualitatif. Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mewawancarai narasuber-narasumber yang berkaitan dengan penelitian, seperti aktifis gender, staff Mawar Balqis serta psikolog, selain itu pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan penulis dengan pendamping serta analisis dokumen yang berbentuk data kasus yang ditangani oleh WCC Mawar Balqis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah setelah data terkumpul baik melalui wawancara, dokumen-dokumen serta pelacakan internet, maka data tersebut kemudian dianalisis dan dijelaskan.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan berupa pendampingan advokasi maupun psikologi terhadap korban kekerasan seksual pada pelajar perempuan yang dilakukan oleh WCC Mawar Balqis sangatla           h diperlukan. Karena pendampingan bertujuan untuk memberikan harapan dan mengembalikan kehidupan sosial secara normal serta bebas dari trauma yang dialami Korban agar cita-cita dan harapan pelajar perempuan dapat diraih dan dicapai kembali layaknya orang dengan kehidupan normal
Â
 Kata Kunci : Gender, Pendidikan IPS, Pelajar Perempuan, kekerasan seksual,Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Nur Hayati, Elli (2000). Panduan untuk Pendampingan Perempuan Korban
Kekerasan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Usman, Husaini dan Setiady Akbar, Purnomo (1996). Metode Penelitian Sosial,
Jakarta: Bumi Aksara
Surahmad, Winarno, (1985). Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito
Fakih, Mansour, (2005). Analisis Gender & Transformasi Sosial, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar,
Ridwan, (2006). Kekerasan Berbasis Gender, Yogyakarta: Fajar Pustaka
Hidayat, Rahmat,Dede Dan Herdi, (2013). Bimbingan Konseling, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Mcleod, John, (2008). Pengantar Konseling Teori Dan Studi Kasus, Jakarta: Kencana,
Cassesse, Antonio, (1994). Hak Asasi Mnusia di Dunia yang berubah,Jakarta:
Yayasan Obor Indonesia,
Sapda, (2015). Buku saku : Kekerasan Pada Perempuan Dengan Disbilitas Rungu-
Wicara(tuli-bisu), Yogyakarta: Sapda
Sapda, (2015)Buku saku : Kekerasan pada perempuan dengan disbilitas Netra, Yogyakarta: Sapda
Sapda, (2015). Buku saku : Kekerasan Pada Perempuan Dengan Disbilitas
Fisik(Daksa), Yogyakarta: Sapda
Sapda, (2015). Buku saku : Kekerasan Pada Perempuan Dengan Disbilitas Grahita,
Yogyakarta: Sapda
Hussein, Muhammad, (2004)Islam Agama Ramah Perempuan. Yogyakarta: LKiS
Sarwono, W. Sarlito (2011). psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo
Daradjat, Zakiah. (1995). Remaja Harapan dan Tantangan. Jakarta: CV Ruhama
Nurhayati, Eti (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurhayati, Eti (2011)Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan, (2004). Belajar Mudah Penelitian (untuk guru-Karyawan dan Peneliti
Pemula). Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan (Komptensi dan Praktiknya).
Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2014). Metode Penelitiann Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Purwadianto, agus. (2003) Pekosaan sebagai pelanggaran hak asasi manusia (kajian
filosofis metodologi pembuktian hukum). Jakarta: Universitas Indonesia.
LBH-APIK Jakarta (2002). kasus-kasus hukum kekerasan terhadap perempuan.
Jakarta: galang printika Yogyakarta.
Arivia, gadis, (2007). Women for peace perempuan untuk perdamaian Indonesia.
Jakarta: filsafat UI press departemen filsafat fakultas ilmu pengetahuan
budaya universitas Indonesia.
Jawad, a Haifa, (2002). Otentisitas hak-hak perempuan perspektif islam atas
kesetaraa gender. Yogyakarta: fajar pustaka baru.
Komnas perempuan. (2005). System peradilan pidaka terpadu yang berkeadilan
jender dalam penanganan kasus kekerasa terhadap perempuan,
Jakarta
Hurlock, (1960). Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.
Y. mulyono, Bambang, (1984). Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja dan
Penanggulangannya, Yogyakarta: Kanisius
D. Gunarsa, Singgih. (2003)Psikologi Remaja, Jakarta : Gunung Mulia,
DOI: 10.24235/edueksos.v8i1.3181
Article Metrics
Abstract view : 119 timesPDF - 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.