Faktor Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Margin Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah Di Bank Syariah

Mohamad Ghozali(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganilis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Margin terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah di BJB Syariah KCP Arjawinangun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh nasabah pembiayaan murabahah di BJB Syariah KCP Arjawinangun yang berjumlah 400 orang. Teknik pengambilan sample menggunakan accidental sampling sebanyak 80 orang untuk semua populasi yang ada. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis berupa uji t, uji f dan uji koefisien determinasi, dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan alat bantu berupa SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah sebesar  85,5%, terdapat pengaruh positif namun kurang signifikan antara Kualitas Produk terhadap Minat Nasabah sebesar 1,3%, dan secara parsial tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan antara Margin terhadap Minat Nasabah sebesar -3,9%. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Margin terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah sebesar 82,9%.

Keywords


Pelayanan; Produk; Margin; Minat Nasabah

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. P., Kumadji., S., Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1). Agustus.

Arifin, S. (2011). "Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Pada Hotel Jepara Indah". Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis,8(1).

Bahar, Arfiani & Sjaharuddin, H. (2015). "Pengaruh Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang". Jurnal Organisasi dan Manajemen,3, September.

Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-80.

Bakhri, S., Aziz, A., & Sarinah, R. (2020). Pengetahuan dan Motivasi untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi pada Mahasiswa. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 60-73. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1175

Karim, Adiwarman. (2008). Bank Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karim, Adiwarman. (2013). Bank Islam; Analisis Fiqih dan Kaungan.. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Latumaerisa, J. R. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad. (2008). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen perusahaan YKPN.

Muhammad. (2014). Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: UPP AMP.

Samuelson, P. A. (2003). Ilmu Mikro Ekonomi . Jakarta: Media Global Edukasi.

Slameto. (2010). Ekonomi Syariah. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sunarsih dan Wulandari. (2014). "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT Bank Muamalat Indonesia". Ejurnal Stie, 23(1).

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Wawancara dengan Bapak Denny Yuntrisna Hadibrata. (Supervisor Operasional Bank Jabar Banten Syari’ah KCP Arjawinangun) pada hari Senin,06 Juli 2020, pukul: 09.30 WIB.




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i1.8566

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohamad Ghozali