Respon Dan Minat Masyarakat Dalam Bertransaksi Untuk Pengembangan Modal Usaha Pada USPPS BMT Al-Ishlah

Abdul Muizz Wadud(1*), Muhammad Yahya(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang pengabdian ini adalah belum optimalnya pemanfaatan fasilitas pembiayaan untuk pengembangan modal usaha yang disediakan oleh BMT Al-Ishlah. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan minat masyarakat pegiat UMKM Plumbon, Kabupaten Cirebon dalam bertransaksi untuk pengembangan modal usaha pada USPPS BMT Al-Ishlah. Metode yang digunakan dalam pengabdian observasi dan wawncara. Subjek dalam pengabdian ini adalah para pegiat UMKM yang berada di sekitar BMT Al-Ishlah Plumbon. Berdasarkan hasil pengabdian, ada yang merespon positif terhadap fasilitas produk pembiayaan yang disediakan, ada juga yang merespon negative. Respon positif yang didapatkan berdasarkan pada kepuasan responden terhadap pelayanan Lembaga dan transaksi yang ditawarkan cenderung menguntungkan. Adapun respon negative didapatkan berdasarkan pada persepsi responden yang menyatakan bahwa bank konvensional dan bank Syariah relative sama dari aspek system transaksi yang digunakan masih mengandung riba.


Keywords


Respon dan Minat; Modal; BMT

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. "Pengantar bisnis." Bandung: Alfabeta (2010).

Antonio, Muhammad Syafi'I. Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW" The Super Leader Super Manager". Tazkia publishing, 2018.

Febriana, Nina Indah. "Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung." An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 3.1 (2016): 145-168.

Prishardoyo, Bambang. "Analisis Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dan Potensi Ekonomi Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pati Tahun 2000-2005." JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan 1.1 (2008).

Rahman, Shaleh Abdul, dan Muhbib Abdul Wahab. "Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam." Jakarta: prenada media (2004).

Ridwan, Muhammad. "Manajemen Baitul Maal wat T amwil (BMD, Edisi 1." (2005).

Setiowati, Nur Eka. "PENGARUH PROGRAM INKLUSI KEUANGAN BMT Al-FALAH TERHADAP TRANSAKSI RENTENIR." Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah 9.1 (2017).

Umar, Husein. Riset Pemasaran & Perilaku Konsm. Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Wassid, Iskandar, and Dadang Sunendar. "Strategi pembelajaran bahasa." Bandung: Remaja Rosdakarya (2008).

Zuḥaylī, Wahbah. al-Fiqh al-Islāmī wa-adillatuh: al-shāmil lil-adillah al-sharʻīyah wa-al-ārāʾ al-madhhabīyah wa-ahamm al-naẓarīyāt al-fiqhīyah wa-taḥqīq al-aḥādīth al-Nabawīyah wa-takhrījuhā wa-fahrasah alfabāʾīyah lil-mawḍūʻāt wa-ahamm al-masāʾil al-fiqhīyah. Vol. 4. Dār al-fikr, 1984.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i2.7331

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Muizz