Fasilitasi Penyusunan Bisnis Model Canvas Pada UMKM Cirebon

Havik Martoyo(1*), Widodo Widodo(2), Ken Sudarti(3), Nurhidayati Nurhidayati(4), Moh. Yudi Mahadianto(5),


(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(4) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(5) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang dihadapi UMKM binaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swadaya Gunung Jati (FEB UGJ) adalah menurunnya kinerja usaha. Terlebih dengan adanya pandemi Covid 19 semakin memperparah penurunan kinerja usaha tersebut. Sementara itu upaya peningkatan kinerja usaha belum jelas peta jalannya. Pada saat yang sama UMKM tidak terbiasa membuat rencana usaha terkonsep dan tertulis karena paradigma UMKM tentang perencanaan usaha adalah sesuatu yang rumit. Sementara itu di masa sekarang ini yaitu masa kebiasan baru atau new normal setelah datangnya pandemi covid 19, peluang usaha bagi UMKM terbuka lebar ketika disadari harus juga beradaptasi dengan teknologi informasi dalam operasionalisasinya. Tujuan pengabdian kepada masyarakat di sini adalah untuk membantu, memandu dan memfasilitasi UMKM agar terjadi percepatan kebangkitan paska pademi covid 19 khususnya dan peningkatan kinerja usaha pada umumnya. Oleh karena itu solusi yang ditempuh adalah memfasilitasi UMKM binaan UGJ untuk mampu menyusun Bisnis Model Canvas (BMC) agar rencana usaha terkonsep dengan jelas namun tetap dalam kerangka yang sederhana dalam konteks wira usaha di masa new normal. Dalam kegiatan ini terdapat 31 UMKM mendaftar, 24 datang di kelas fasilitasi, 12 mampu menyusun Bisnis Model Canvas, 12 tidak mampu menyelesaikan penyusunan Bisnis Model Canvas usahanya.


Keywords


Kinerja Usaha, UMKM, Bisnis Model Canvas

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf

Didin Saprudin, N. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK ROTAN DI MASA COVID-19 DALAM MENCAPAI PENJUALAN (Studi Kasus Pada CV Modena Rattan Cirebon). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 1–15.

Eisingerich, A.B. & Bell, S. . (2008). Managing networks of interorganizational linkages and sustainable firm performance in business-to-business service contexts. Journal of Services Marketing, 22(7), 494–504.

Indah, Maria, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. Jurnal Pendidikan Nonformal, Volume 16,.

Mohammad K dan Hendratmi. (2015). Business Model Canvas Pada BMT Kanindo Syariah Malang.

Pratami NWCA dan Wijaya P. (2016). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen Di Denpasar. Jurnal Sistem Dan Informatika, 11(1).

Santika, Z. D., & Maulana, M. A. (2020). Penurunan Pendapatan UMKM Akibat Covid-19 PENDAHULUAN Covid-19 kini menjadi masalah internasional yang berdampak negaif bagi kehidupan manusia dan sampai saat ini masih ditangani dengan sangat serius . Setiap sektor kehidupan manusia terganggu , tak terke. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 150–159.

Shinta Carolin. (2021). Perjuangan Membangkitkan UMKM Lokal Dikala Pandemi. Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat. https://drpm.umsida.ac.id/perjuangan-membangkitkan-umkm-lokal-dikala-pandemi/

Wang, Z & Wang, N. (2012). Knowledge Sharing, In- novation and Firm Performance. Expert Sys- Tems with Applications, 39 (10), 8899â€8908.




DOI: 10.24235/dimasejati.v4i2.12037

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Havik Martoyo, Widodo Widodo, Ken Sudarti, Nurhidayati Nurhidayati, Moh. Yudi Mahadianto