Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah
(1) Fakultas Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan menulis sering dianggap sulit padahal jika dipelajari maka kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah merupakan suatu hal biasa. Kemampuan menulis mahasiswa perlu ditingkatkan sehingga bisa menghadapi peluang dan tantangan di masa yang akan datang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi pemahaman yang baik kepada mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES)Â mengenai peran mahasiswa sebagai agent of change melalui karya tulis ilmiah. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah. Bahan ceramah dan artikel disusun melalui kegiatan penelitian pustaka. Sumber referensi diperoleh dari buku, jurnal, dan referensi lain yang relevan. Hasil kegiatan pengabdian ini yakni mahasiswa memiliki banyak peran dalam masyarakat. Salah satu peran mahasiswa adalah sebagai Agent of Change atau agen perubahan. Mahasiswa perlu memiliki kapasitas keilmuan yang baik. Kegiatan menulis dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa sehingga budaya menulis dan penelitian perlu untuk disebarkan. Sebagian besar mahasiswa jurusan HES memiliki ketertarikan untuk dapat menulis karya ilmiah dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Ananda, H. F. (2014). Optimalisasi Peran Fungsi Mahasiswa sebagai Agent of Change dan Social Control dalam Permasalahan Ketahanan Pangan Asean 2015. Jurnal Ketahanan Pangan.
Arfa, M. (2019). Literasi Informasi Sebagai Langkah Awal Mewujudkan Visi Universitas Diponegoro. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 215–222.
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1(1), 32–41.
Damar Adi Hartaji, R. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389–397.
Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55.
Ilhafa, F., Arrizal, N. Z., & Putri, N. U. (2022). Mewujudkan SDGs Di Bidang Hukum: Peran Serta Mahasiswa Hukum Dalam Pembangunan Hukum. Seminar Nasional Hukum Dan Pancasila, 1, 133–141.
Kartanegara, M. (2005). Seni Mengukir Kata: Kiat-Kiat Menulis Efektif-Kreatif. Mizan Learning Center.
KBBI. (2016). KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Nursalim. (2011). Pengantar Kemampuan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Zanafa Publishing.
Undang-Undang Dasar 1945, (1945).
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa stkip andi matappa kabupaten pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43.
Septafi, G. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2019. Educational Technology Journal, 1(2).
Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 1(1), 191–197.
Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. AKURAT: Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 9(1), 81–88.
Sugihastuti, & Saudah, S. (2016). Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Pustaka Pelajar.
Suyitno, I. (2011). Karya Tulis Ilmiah (KTI), Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Refika Aditama.
Utoyo, B., Prihantika, I., Saputra, P. R., Fitriani, Y., & Destrilia, I. (2021). Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Politik di Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Teknologi Dan Inovasi (SENAPATI).
Winarto, W. W. A. (2021). Program peningkatan minat menulis karya tulis ilmiah mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26.
Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’unnur Bululawang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 469–482.
DOI: 10.24235/dimasejati.v4i2.12036
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jefik Zulfikar Hafizd