OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PAUD
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Memasuki era modernisasi saat ini, bangsa Indonesia mengalami kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan adanya informasi dan komunikasi yang menyebar secara cepat dalam setiap lini kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Seiring dengan perkembangan hal tersebut, dunia pendidikan juga mengalami dampak yang signifikan. Dampak tersebut sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah. Oleh karena itu, pembelajaran sesungguhnya memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga pembelajaran yang diselenggarakan dapat membawa kebermaknaan dan kemanfaatan bagi pembelajar. Proses pembelajaran bagi anak usia dini diarahkan untuk menstimulasi tumbuh kembang anak secara optimal. Hal ini dikarenakan pembelajaran saat ini, lebih dioptimalkan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai aktivitas pembelajaran dengan harapan dapat membantu anak usia dini menemukan dunianya sendiri dengan senang dan gembira. Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan oleh dunia pendidikan terutama guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada anak usia dini yaitu dengan cara memanfaatkan layananTIK berupa media audivisual, komputer, dan internet.
Â
Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran, Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
Bates, A.W. (1995). Technology, open Learning and distance education. London: Routledge.
Brewer, Jo Aan. (2007). Introduction to early Chilhood Education. United States: Pearson Education.
Catron, Carol dan Jan Allen. (1999). Early Childhood Curriculum: S Creativite Play Model, New Jersey: USA, Prentice Hall
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Departemen Sosial. (2002). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak.
Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School How to Integrate the Curricula. Printed in the United State of America: IRI/Sky Light Training.
Hurlock, Elizabet B. (1999). Perkembangan Anak Jilid 1(Edisi 6). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Grasindo.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Masitoh. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mayesky, Mary. (1990). Creative Activities For Young Children, Fourth Edition, Albany, New York: Delmar Publisher.
Mariyana, dkk. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Moeslihatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Musfiroh,Tadzkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain: Cara Mengasah Multiple Intelligences pada anak sejak usia dini. Jakarta: PT. Gramedia.
Sa’ud, U.S. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: 10.24235/awlady.v2i1.762
Article Metrics
Abstract view : 1972 timesPDF - 1876 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.