MOTIVASI BELAJAR ANAK RAUDHATUL ATHFAL
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Motivasi belajar merupakan sarana pembelajaran yang menjadi solusi dari kejenuhan belajar siswa, yang dibantu dengan banyaknya permainan, dimana permainan bukan berarti menghilangkan substansi pembelajaran yang sudah terprogram, sarana permainan hanyalah alat yang menjadi metode di dalam meningkatkan belajar siswa. Di dalam diri anak perlu dikembangkan kecerdasan spiritual quetsion, yang memberikan sebuah kecerdasan agama yang lebih kepada nilai-nilai kehidupan. Namun, pendidikan ini memerlukan sebuah rangsangan yang memerlukan alat peraga, belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar memberikan sebuah metode tersendiri dimana anak pada dasarnya kehidupannya penuh dengan bermain, segala aspek kehidupannya merupakan sarana bermain yang tak pernah ada bosennya. Lalu bagaimana mungkin seorang anak akan memperoleh tujuan belajar yang diharapkan tanpa seorang guru yang mengarahkan cara belajar anak-anak tersebut. Anak-anak harus diberikan sebuah pendidikan yang memberikan sebuah rangsangan nilai-nilai kehidupan yang lebih matang, dengan bantuan alat peraga dapat memberikan sebuah harapan dan cita-cita hasil belajar mereka.
Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, dan alat peraga.
Full Text:
PDFReferences
Arif S. Sadiman, dkk. (2002).Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ary, Agustian, G. (2001). Rahasis Sukses Membangunkecerdasan Emosi dan spirital Quotion berdasarka 6 rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.
Azhar, Arsyad.(2002).Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasibuan, Melayu. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia; Peranan Pemimpin dan Fasilitator. Jakarta: Haji Masagung.
Hoy, Wayne. K. & Miskel, Cecil G. (2001). Educational Administration: Theory, Reasearch, and Practice.(Sixth Edition). New York: McGraw Hill.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002).Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2002).Dasar-dasar Proses belajar mengajar. Bandung: Allgesindo offset.
Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Pengantar. Prof. Dr. S.C. Utami Munandar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2002).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, B. H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Syamsu, dan Juntika, Nurihsan. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: 10.24235/awlady.v2i1.759
Article Metrics
Abstract view : 644 timesPDF - 511 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.