MEMAHAMI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (Perspektif Psikologi Perkembangan)

Eti Nurhayati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak usia dini (early childhood) memiliki karakteristik berbeda dengan usia sebelum dan sesudahnya, baik dalam fisik-biologis, motorik, kognitif, moral, dan psikososialnya. Oleh karena itu perlakuan dan pendidikan untuk anak usia dini juga spesifik, di mana harus mempertimbangkan kesesuaian dengan usia kronologis serta pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, bagi orang tua/calon orangtua, pendidik/calon pendidik, maupun pihak yang terkait dan concern di bidang pendidikan prasekolah, merupakan keniscayaan untuk memahami tumbuh kembang anak usia dini yang bertujuan untuk membantu menumbuh-kembangkan anak-anak secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Keniscayaan itu disebabkan anak usia dini sedang berada pada masa emas (golden age) dalam rentang kehidupan (lifespan) manusia, karena pada masa itulah dasar-dasar kepribadian diletakkan untuk kehidupan berikutnya di masa dewasa kelak sebagai pribadi manusia yang seutuhnya.

Kata kunci: Perkembangan fisik, motorik, kognitif, psikososial; Anak usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Abu Daud. (tanpa tahun). Sunan Abu Daud. Jilid 3. Mesir: Mathbaah Musthafa al-Baab al-Halaby.

Biechler, R.F. & Snowman, J. (1993). Psychology Applied to Teaching. 7th. Toronto: Houghton Mifften Company.

Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosda Karya.

Dworetzky, J.F. (1990). Introduction to Child Development. 4th Edition. New York : West Publishing Company.

Gordon, A.M &Browne, K.W. (1985).Beginning and Beyond: Foundations in Early Childhood Education. New York: Delmar Publisher, Inc.

Hildebrand, V. (1986). Introduction to Early Childhood Education. 4th. Ed. New York: McMilan Publishing Company.

Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Miller, P.H. (1993). Theories of Developmental Psychology. 3th. Ed. New York: WH. Freeman and Company.

Moeslihatoen, R. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: RinekaCipta.

Monks, F.J., Knoerrs, A.M.P., Haditono, S.R. (1994). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.

Nashih Ulwan, A. (tanpa tahun). Tarbiyah Al-Awlad fi al-Islam. Juz I. Beirut: Daar as-Salam li al-Thabaah wa al-Nasyr wa al-Tauzie.

Newman, B.M & Newman, P.R. (1978). Infancy and Childhood. New York: John Wiley & Sons.

Semiawan, C. (2003). “Pengembangan Rambu-Rambu Belajar Sambil Bermain Pada Pendidikan Anak Dini Usia”. Buletin PADU. Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia.Vol. 2 No: 01. April 2003. Hal 14-19.

Sholehuddin, M. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryobroto, S. (1980). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Welton, D. & Mallan, J.T. (1981). Children and Their World: Strategis for Teaching Social Studies. 2nd. New Jersey: Houghton Mifften Company.




DOI: 10.24235/awlady.v1i2.738

Article Metrics

Abstract view : 2197 times
PDF - 4022 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here