The Development Of Ular Tangga Pohon Misteri Game for Early Reading Activity

Rikza Azharona Susanti(1*), Dessy Putri Wahyuningtyas(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu aspek perkembangan yang perlu diperhatikan pada anak usia dini adalah perkembangan bahasa, salah satunya terkait dengan kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan uar tangga dengan pohon misteri menggunakan bahan bekas untuk aktivitas membaca permulaan anak kelompok B di Raudhatul Athfal (RA). Pengembangan media tersebut juga merupakan inovasi bagi sekolah dalam membantu anak belajar membaca.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui prosedur: 1. Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Melakukan perencanaan, selanjutnya dievaluaasi oleh para ahli, 3) Mengembangkan bentuk produk awal, 4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek, 5) Melakukan revisi terhadap produk awal, 6) Melakukan uji lapangan utama dengan 20 subjek, 7) Melakukan revisi produk Instrumet yang digunakan berupa kuesionuk yang berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan dan kuantitatif berupa prosentase dan masukan ahli yang ditujukan kepada tiga ahli diantaranya ahli pembelajaran anak usia dini, ahli desain dan praktisi anak usia dini.

Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif uji lapangan kelompok besar, diperoleh persentase yaitu: (1) 95% anak mudah melakukan permainan; (2) 100% anak senang melakukan permainan ular tangga dengan pohon misteri; dan (3) 100% anak aman saat melakukan permainan ular tangga dengan pohon misteri.

Berdasarkan hasil pengembangan permainan ular tangga dengan pohon misteri, maka disimpulkan bahwa media ini menarik, mudah dan menyenangkan serta tidak berbahaya untuk dilakukan anak. Disarankan hasil pengembangan produk yang ditujukan untuk anak di RA Shihabuddin Malang dapat disajikan pada semua anak kelompok B di sekolah lain dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi perkembangan bahasa pada anak.


Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/awlady.v7i2.6010

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.