PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI ANAK USIA DINI DI PAUD SEURAMOE JAYA
(1) (Google Scholar; h-index: 4) - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
(*) Corresponding Author
Abstract
Giving a good example as an Islamic character to a child is the starting point of a child introduced to have a good personality so that he can become a righteous child. The role and figure of an educator or a teacher is a milestone in the formation of akhlaqul karimah for students. The process of formation of early childhood morality, namely: First, through qudwah, uswah (exemplary) teacher; Second, through ta'lim (teaching); Third, ta'wid (habituation); Fourth, Targhib / reward, motivation (giving motivation); Fifth, Tarhib / punishment, warning (giving threats and legal sanctions).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mustaqib, (2013), Akhlak Tasawuf: Lelaku Suci Menuju Revolusi Hati (Yogyakarta: Kaukaba Dibantara.
Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324.
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30-43.
Dharma Kusuma, (2012), Pendidikan Karakte, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elfendri, dkk, (2012), Pendidikan Karakter Kerangka, Metode, dan Aplikasi untuk pendidik dan Profesional, Jakarta: Baduose.
Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Yogyakarta: Darussalam Publishing.
Idris, S., & Tabrani, Z. A. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96-113.
Imam Nawawi, (1999) Riyadush Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani.
Mulyasa, (2011) Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, (2011), Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110-126.
Safriadi, S., Darimi, I., & Siswanto, I. (2015). Strategi Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak, 4(2), 1-11.
Sormin, D. (2016). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 2(1), 117-130.
Sutisna, U. (2016). Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Al Kautsar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 172-184.
Syamsu Yusuf, (2012) Perkembangan Peserta Didik, Jakarta, RajaGrafindoPrsada.
Syamsul Kurniawan, (2016) Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Walidin, W., & Idris, S. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory.
Zubaedi, (2011) Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: 10.24235/awlady.v4i2.3211
Article Metrics
Abstract view : 412 timesPDF - 185 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.