Eksistensi Muatan Lokal Basa Sunda pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini
(1) Universitas Islam Nusantara
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, Y., Zannah, F., & Mayasari, R. (2021). WORKSHOP PEMANFAATAN KONTEN LOKAL DAN MUATAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING BAGI GURU DI SDN KERATON 1 MARTAPURA. Batuah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–15.
Ardiyanti, S., & Hanip, S. P. N. (2022). PENDIDIKAN NILAI MELALUI BAHAN AJAR MUATAN LOKAL BUDAYA SASAK PADA ANAK USIA DINI DI LOMBOK. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 50–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2476
Azis, R. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44–50. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Barat, P. G. J. (2013). Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah Pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Pergub.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fourth Edi). SAGE Publications Sage UK: London, England.
Daud, R. M. (2012). Peranan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Al-Fikrah, 1(2), 67–82.
Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1). https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.202
Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak melalui Penggunaan Reinforcement secara Variatif pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Negeri Pembina. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.91-98
Fanny, N. (2022). Pengembangan Kurikulum Paud Islami Di Aceh. Jurnal Buah Hati, 9(1), 10–26. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i1.1802
Hadiansah, D., & Rabiussani, R. (2019). Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Sunda Dalam Perspektif Kurikulum 2013 PAUD. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 76–83.
Handayani, S., Sumarno, S., & Ampuni, D. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI UOTDOOR LEARNING DI TK PEMBINA KABUPATEN REMBANG. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(1), 63–73.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Marfuah, I. (2023). Problematika Guru PAUD dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. TARBIYAH JURNAL: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 601–610.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third edit). SAGE Publications Inc.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Indeks.
Musyarofah, M. (2017). Pengembangan aspek sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Aba IV Mangli Jember tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99–122. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Nazara, S., & Ahmad, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 112–122. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1191
Neldawati, & Yaswinda. (2022). Evaluasi CIPP Penerapan Permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014 di Kecamatan Sijunjung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2954–2961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2066
Nurhasanah, Y., Fahmi, M., Nurrohman, T., & Mujtahid, A. L. (2021). PENTINGNYA KURIKULUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPIT FATAHILLAH CIREBON. Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman, 2(2).
Nurrohmah, S. (2019). Pemberdayaan Warga Sekolah dan Orangtua Murid Dalam Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 205–216. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.4656
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Prabowo, S., & Mudzofar, M. (2018). Efektivitas Media Aplikatif Dalam Pembelajaran Aksara “Ka Ga Nga†Sebagai Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Suku Rejang Bengkulu Utara. Jurma: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 2(2).
Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.
Ramadina, E. (2021). Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka belajar. Mozaic: Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252
Rauter, U. H., & Nazlia, I. (2023). MANFAAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA DINI DI RA SULTHONUL FADHILAH MEDAN MARELAN. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.47006/pendalas.v3i1.193
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3690
Slameto, S. (2016). Supervisi pendidikan oleh pengawas sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–206. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206
Sukmadinata Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.
Susilowati, R. (2018). Strategi Belajar Outdoor Bagi Anak PAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 65–82.
Sutarto, S., Pd, M., Syarifuddin, S. P., & Pd, M. (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.
Talu, A. T. I. (2023). Kurikulum Muatan Lokal PAUD Berbasis Budaya Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 8–17.
Tasyakkori, Abbas, & Charles, T. (2010). Mixed Methodology. Pustaka Pelajar.
Wasliman, I. (2007). Modul Problematika Pendidikan Dasar. PPS UPI Bandung.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja (3rd ed.). Raja Grafindo Persada.
Widyastuti, T. M., & Sakti, S. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Work Shop di TK Srawong Bocah Yogyakarta. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–64. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.128
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
DOI: 10.24235/awlady.v10i1.15259
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:
Â
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.