Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan Terpadu Nurushiddiiq Cirebon
(1) Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Â
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengumpulkan informasi tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan penggalian, alokasi dan akuntabilitas pembiayaan pendidikan di Pesantren Nuurusshidiiq serta informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan pendidikan di Pesantren Nuurusshidiiq.Serta manfaat dari managemen pembiayaan pendidikan terhadap kualitas pendidikan di Pesantren Nuurusshidiiq Data diperoleh dari yayasan Pondok Pesantren Nuurusshidiiq Cirebon dan dari staf pesantren. Analisis data dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana dalam penelitian in dieksplorasi secara mendalam bagaimana manajemen pembiayaan pendidikan dalam Pondok pesantren Nuurusshidiiq. Temuan penelitian ini secara umum menunjukan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan di Lembaga Pendidikan Terpadu dan Pondok Pesantren Nuurusshidiiq Cirebon sudah memenuhi standar lembaga pendidikan. Hanya saja karena tidak ada patokan baku yang berlaku secara umum pada lembaga pesantren, standar kecukupan atau ketidakcukupan khusus pesantren tidak dapat diketahui. Apalagi secara riil sistem pendidikan dan siklus kehidupan di pesantren berbeda dengan lembaga formal lainnya.
Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Pondok Pesantren.
Abstract
         The main objective of this study is to collect information about the planning, organizing, implementing excavation, allocation and accountability of education financing in Pesantren Nuurusshidiiq as well as information about the factors that affect the financing of education in boarding Nuurusshidiiq.Serta benefits of management education funding on the quality of education in boarding Nuurusshidiiq Data obtained from the foundation Boarding Nuurusshidiiq Cirebon and from the boarding staff. Analysis of the data in this study is a qualitative method, in which the research is explored in depth in how management education funding in Pondok Pesantren Nuurusshidiiq. The findings of this research generally shows that the management of education financing at the Institute of Integrated Education and Boarding Nuurusshidiiq Cirebon already meet the standards of educational institutions. Just because there is no standard benchmark that applies in general to boarding institutions, standards sufficiency or insufficiency of special schools can not be known. Moreover, in real terms the education system and the life cycle in different schools with other formal institutions.
Keywords: Financing Management Education, Boarding School.Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alisjahbana, 1996. “Determinant of school Attainmen in Indonesia: The Role of Household Characteristics, Opportunity cost, and Quality Adjusted Price of schooling†Journal of Population, Vol 2 No 2, 1996.
Badan standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Isi
Badan standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Kompetensi Lulusan
__, 2006. Draft Naskah Akademik Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan.
__, 2006. Draft Naskah Akademik Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
__, 2006. Draft Naskah Akademik Standar Penilaian Pendidikan.
__, 2006. Draft Naskah Akademik Standar Proses Pendidikan.
Bowen, Howard R, 1981. The Cost Higher Education, San Fransisco.
Clark, David, James Hough, Aris Pontuluran, Robert Sembiring, Ninasapti Triaswati, 1997. Financing of Education in Indonesia: Final Report Submitted to ADB for collaboration with Bappenas.
Depdiknas, 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2005. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2005. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas
Fattah, Nanang 2001. “Studi Tentang Pembiayaan Pendidikan Sekolah Dasar†http://google.com/htm, download tanggal 8 September 2013
Fattah, Nanang. 2008. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 2- April 2008.
Fatah, H Rohadi Abdul, Taufik, M Tata, Bisri, Abdul Mukti.2005. Rekontruksi Pesantren Masa Depan, Jakarta Utara: PT. Listafariska Putra.
Ghaffar F, Mukhamad, 1991. Pembiayaan Pendidikan Islam, Jakarta.
Ghozali, Abbas . 2004. Analisis Biaya Satuan Dasar dan Menengah. Jakarta: Balitbang, Depdiknas.
Hielmy, Irfan. Wancana Islam.2000. ciamis:Pusat Informasi Pesantren
HS, Mastuki, El-sha, M. Ishom. 2006 Intelektualisme Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.
Haedari, H.Amin.2007. Transformasi Pesantren, Jakarta: Media Nusantara.
Idochi, 2003. Administrasi Pendidikan dan Manajemen, Bandung.
Ismail, 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta, Pustaka Belajar Offset.
Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta. INIS
Majalah Tajdid .ciamis:Lembaga Penelitian dan Pengembangan, 2009
Mc Mahon, Walter W. 2002, Financing of Education: Evaluation Study for Pilot Project of UNICEF of Indonesia.
Mc Mahon, Walter W. 2003. National Action Plan for Education For All: Education Finance.
Nurcholis Madjid, 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina.
Psacharopoulus, G. 1987. Research and Studies, New York: Pergamon Press Pusat Penelitian dan Pengembangan Agama dan Keagamaan. 2002. Standarisai Biaya Pendidikan di Madrasah (MI, MTs, MA), Jakarta: Depag
Sudjono Prasodjo,1982 Profil Pesantren, Jakarta: LP3S.
Triaswati, 2005. Education Finance in Cambodia: Issues and Model, unpublished report for UNICEF Office at Cambodia.
Triaswati, 2006. Financing Gap on Poverty Alleviation Programs in Indonesia: Measurement and Implementation, unpublished report for CIDAGovernance Reform Support II Project for bapenas.
Wahab, Rochidin. 2004. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Bandung: Alfabeta,CV.
Zamakhsyari Dhofier,1983. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, LP3S, Jakarta.
DOI: 10.24235/amwal.v7i2.206
Article Metrics
Abstract view : 879 timesPDF - 949 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Al Amwal Indexed by:
Â
Â
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats