PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MENJADI WIRAUSAHA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
              Pengusaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan berbagai potensi yang akan dicapai. Menjadi seorang pengusaha adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah pengangguran, karena sekarang orang tidak akan merasa puas dengan memenuhi kebutuhan hanya mengandalkan hasil menjadi seorang karyawan. Meningkatnya kebutuhan, ini mempengaruhi masyarakat sendiri untuk dapat bertahan atau tidak menjalani hidup mereka, dan karena itu menjadi pengusaha adalah salah satu pemecahan selain pengangguran masalah tetapi juga kelangsungan hidup manusia.
pengusaha menjadi harus memiliki rasa percaya diri, semangat dan lain-lain, sehingga dalam kewirausahaan kita tidak akan kesulitan, dengan rasa percaya diri dan semangat kewirausahaan serta faktor-faktor lain, ini memberikan kontribusi bagi keberhasilan atau kegagalan kita untuk menjadi pengusaha. Jadi titik bahwa kepercayaan diri dan semangat kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan.
              Tulisan ini mencoba untuk menggambarkan dan menganalisis sejauh mana pengaruh kepercayaan diri dan semangat yang menarik bagi pengusaha, dan apa indikator kepercayaan diri dan semangat kewirausahaan.
              Dari hasil pengamatan di lapangan, bahwa rasa percaya diri dan semangat kewirausahaan sangat mempengaruhi minat untuk menjadi seorang pengusaha. Sehingga seseorang memiliki bunga tinggi untuk pengusaha, maka orang yang memiliki tujuan dalam hidup adalah untuk menjadi sukses dalam berwirausaha.
Â
Kata kunci: Self Trust, Spirit Entrepreneur. Tujuan Kewirausahaan
Â
ABSTRACT
Â
Entrepreneur is someone who has the ability to drive a variety of potential to be achieved. Being an entrepreneur is one solution to overcome the unemployment problem, because now people will not feel satisfied by meeting the needs of just relying on the results to be an employee. Increasing needs, this affects the people themselves to be able to survive or do not live their lives, and therefore become entrepreneurs is one of problem solving in addition to unemployment but also of human survival.
Become entrepreneurs should have a sense of confidence, spirit and others, so in entrepreneurship we will have no trouble, with a sense of confidence and entrepreneurial spirit as well as other factors, this contributes to the success or failure of us to be entrepreneurs. So the point that self-confidence and entrepreneurial spirit have a significant influence.
           This paper tries to describe and analyze the extent to which the influence of self-confidence and a spirit of interest to entrepreneurs, and what are the indicators of self-confidence and entrepreneurial spirit.
           From the results of field observations, that sense of confidence and entrepreneurial spirit greatly affect the interest to be an entrepreneur. So that a person has high interest to entrepreneurs, then that person has a purpose in life is to be successful in entrepreneurship.
 Keywords : Self Trust, Spirit Entrepreneur. Interest Entrepreneurship
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2005. Kewirausahaan. Bandung : ALFABETA
Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin.2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV. Pustaka Setia
Arman, Bustanul, & Arief. 2007. Entrepreneurship, Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta : CV Andi Offset
Hakim. T, 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Jakarta : Purwa Suara.
Kasmir.2007. Kewirausahaan edisi 1-2. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Meredith, Geoffrey G.2000. Kewirausahaan : Teori dan Praktek. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.2000.
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2002. Metedologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta : BPFE
Saidi, Wahyu & Sofia Hartati.2008. Kewirausahaan.Jakarta : Enno Media.
Sambas Ali muhdin & Maman Abdurahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian.Bandung : CV Pustaka Setia
Sekaran, Uma. 2009. Metedologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat
Suharsimi Arikunto.1996.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta PT. Rineka Cipta
Sudjana. 1997. Statistik Untuk Penelitian. Jakarta : PT Gramedia
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharsaputra, Uhar.2011. Metode Penelitian. Kuningan : Rumah Buku Press
P.S. Lim, Billi. 2003. Berani Gagal. Jakarta : PT Pustaka Delapratasa
Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data dan Uji Statik Jakarta : PT Buku Kita
Referensi dari Jurnal Penelitian dan Internet :
Titik Purwinari & Sri Eko Lestari. 2006. Faktor Pendorong Minat untuk Berwirausaha. Depok : Universitas Indonesia
Herwan Abdul Muhyi. 2007. Menumbuhkan Jiwa dan Kompetensi Kewirausahaan. Bandung : Universitas Padjadjaran
Angki Adi Thama. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Wirausaha. Semarang : Universitas Diponegoro
Anthony, R. 1992. Rahasia Membangun Kepercayaan Diri. (terjemahan Rita Wiryadi). Jakarta: Binarupa Aksara.
Sumber : http://almaipii.multiply.com
Sumber :http://wawan-junaidi.blogspot.com/2009/10/pengertian-minat.html
Sumber : http://miklotof.wordpress.com/2010/06/23/pengertian-percaya-diri/
Sumber : http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepercayaan-diri/
Sumber : http://sosseres.blogspot.com/2011/02/arti-percaya-diri.html
Sumber : http://www.masbow.com/2009/12/semangat-kerja-pengertian-aspek dan.html
Sumber : http://www.g-excess.com/28250/pengertian-semangat-kerja-dan-unsur-unsur-semangat-kerja/
DOI: 10.24235/amwal.v8i2.1370
Article Metrics
Abstract view : 641 timesPDF - 417 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Al Amwal Indexed by:
Â
Â
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats