PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA: RESILIENSI USAHA DI MASA PANDEMI
(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, (SCOPUS ID : 57318405800; SINTA ID : 6156347)
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi penataan PKL sekaligus melakukan penelitian terkait fakotr - faktor yang mempengaruhi resiliensi usaha PKL di tengah pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT yang digunakan untuk menggali atau mengevaluasi terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap kondisi eksisting dalam menganalisis kekuatan resiliensi para pedagang kaki lima di tengah pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam penataan PKL perlu dukungan pemerintah daerah melalui strategi regulasi terkait penataan dan pemberdayaan yang implementasinya perlu lebih tegas untuk meminimalisasi kelemahan dengan memanfaatkan peluang sumber daya yang ada pada PKL. Adapun untuk menjaga eksistensi usaha para pelaku PKL di tengah masa pandemi covid-19, para pelaku PKL dapat melakukan upgrade pola layanan yang disesuaikan dengan kondisi pemberlakukan kebijakan social distancing oleh pemerintah, seperti halnya penyediaan take away disepanjang pedestrian, pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana inovasi pemasaran agar dapat bersaing dengan persaingan yang semakin kompetitif.
Kata Kunci: Pedagang Kaki Lima, Resiliensi Usaha, dan Pandemi Covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, P., Asteriani, F., Sulaiman, M., & Putri, T. A. (2017). Menemu-Kenali Karakteristik Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Jalan Kaharuddin Nasution Kota Pekanbaru. Prosiding Konferensi Nasional Teknik Sipil Dan Perencanaan (KN-TSP) “Inovasi Teknologi Smart Building Dan Green Construction Untuk Pembangunan Yang Berkelanjutan,†299–309.
Astuti, P., & Qalyubi, I. (2021). Strategi Mempetahankan Keberlanjutan usaha Pedagang Kaki Lima di Masa Pandemi Covid-19 di Palangka Raya. Jurnal DAUN LONTAR, 1, 254–291.
Bakhri, S. (2017). Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Pasar Tradisional dalam Menghadapi Keberadaan Pasar Modern di Kabupaten Cirebon. EKO-REGIONAL,12(1). 23-31.
Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p59-70
Budi, K. (2016). Penataan Pedagang Kaki Lima Di Aloon-Aloon Kabupaten Jombang. Jurnal Cakrawala, 10, 113–124.
Dewi Amaliah. (2020). Resiliensi Usaha Mikro , Kecil , Menengah (UMKM) dan Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi Covid 19. Utilitas, 6(2), 1–8.
Effendy, M. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fahmi, I. (2016). Kewirausahaan (Teori, Kasus dan Solusi) (Asakir (ed.); Cetakan ke). CV. Alfabeta.
Hutasuhut, I. M. (2020). Nasib PKL Di Tengah Pandemi Covid-19. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/12095
Indah, M. Y. N., Wulandari, R., Yanti, M. M., & ... (2021). Resiliensi Wirausaha Digital di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur. Proceeding of The …, 1, 643–648. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/1402/1369
Komara, B. D., Setiawan, H. C. B., & Kurniawan, A. (2020). Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 342. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2506
Mashudi, R., Hutagaol, M. P., & Hartoyo, S. (2019). Strategi Penataan Pkl Di Jalan Dewi Sartika Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 6(2), 51–61. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v6i2.25100
Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA, 17(2), 102–209.
Pratama, B. C., Innayah, M. N., & Darmawan, A. (2021). Pendampingan Umkm Dan Pedagang Kaki Lima (PKL) Terdampak Pandemi Covid-19 Di Area Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dalam Menjalankan Contactless Business. Jurnal Budimas, 3(1), 116–122.
Qiptiyah, M. (2021). Siasat Pedagang Kaki Lima di tengah Pandemi Covid-19 di Pasar Porong Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kajian Masalah Sosial, Juni(1), 1–19. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Sarip, Syarifudin, A., & Muaz, A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT DAN PEMBANGUNAN DESA. AlMustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 5(1), 10–20. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Syariah, A., & Widiastuti, M. A. (2017). Strategi Penataan Aktifitas Parkir dan Pedagang Kaki Lima pada Koridor Komersial Kota. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.29080/emara.v3i1.141
Usman, S. (2006). Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat. Pustaka Belajar.
Widjajanti, R. (2016). The space utilization by street vendors based on the location characteristics in the education area of Tembalang, Semarang. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227, 186 – 193.
Wiweka, K., Yulianti, Adnyana, P. P., & Trisdyani, N. L. P. (2018). Analisis Ruang Komersial Bagi Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Hutan Kota Rawa Dongkal, Kelurahan Cibubur, Jakarta Timur. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(3), 409–419. http://www.journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/issue/view/jstp33/jstp33
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388. https://doi.org/ 10.33087/ekonomis.v4i2.179
Zulhijahyanti, H., Safira, K. A. A., Saputri, L. L., & Permana, E. (2021). Strategi Mempertahankan Usaha Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Masa Pandemi Covid19. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 8(1), 21–29. http://www. komunitasdaunlontar.or.id/ojs.komunitasdaunlontar.or.id/index.php/jkdl/article/view/116
DOI: 10.24235/jm.v6i2.8878
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al Mustashfa Indexed by:
Reference Management Tool
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.