EFEKTIVITAS PEMASARAN HIJABSTORY CABANG CIREBON
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Â
Efektivitas pemasaran adalah sejauh mana perusahaan mencapai sasaran yang telah disepakati atau ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian dapat diartikan bahwa apabila suatu pemasaran dapat dilakukan dengan baik sesuai yang direncanakan atau ditargetkan sesuai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan efektif pemasarannya.Â
Dalam penelitian ini, mengangkat suatu permasalahan yaitu bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hijabstory dalam memasarakan produknya, bagaimana pertumbuhan pemasaran Hijabstory dan bagaimana efektivitas pemasaran pada Hijabstory. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Hijabstory yang meliputi bauran pemasaran, strategi bersaing, perluasan jaringan bisnis, dan suber daya manusia (SDM), untuk mengetahui pertumbuhan Pemasaran Hijabstory dari tahun ke tahunnya selama 4 tahun terakhir, dan efektivitas pemasaran Hijabstory dari jumlah total omsetnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu pada Hijabstory Cabang Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan merupakan perpaduan antra penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yakni penelitian yang menyimpulkan data-data dilapangan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan, wawancara, dan penelitian lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah pemasaran Hijabstory menggunakan strategi pemasaran atau bauran pemasaran, pertumbuhan pemasaran Hijabstory mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap tahunnya dan efektivitas pemasaran Hijabstory dari jumlah total omsetnya terus mengalami peningkatan, maka hal tersebut bisa dikatan efektif dalam pemasarannya. Karena dengan menggunakan strategi pemasara, petumbuhan pemasaran dan efektivitas pemasaran dari jumlah total omsetnya terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun yang signifikan.
Â
Kata kunci: Efektivitas, Pemasaran, Efektivitas Pemasaran
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
                                                           Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Abstract
Â
The effectiveness of marketing is the extent to which the objectives that have been agreed or previous set. Thus it can be interpreted that if marketing can be done as planned or at appropriate target objectives of the company that has been set, it can be effective in its marketing.
The problem that the research investigated in this research are how marketing strategy that used by hijabstory in market its product, how the growth of hijabstory marketing and how the effectiveness of hijabstory marketing in hijabstory. The aims of this research are to know marketing strategy of hijabstory that consist of mixed marketing, compete strategy, expansion of business network, and human resources (HR), to know the growth of hijabstory marketing in a year to year during 4 years, and the effectiveness of hijabstory marketing from the amount of its turnover.
The method of this research is descriptive qualitative research. The object of this research is hijabstory in Cirebon region. Kinds of this research is mixed between library research and field research that conclude the result of research by collecting data from interview and documentation. Thecniques of collecting data of this research are library research, interview and field research.
The result shows that hijabstory marketing in this research used marketing strategy or marketing mixed, the growth of hijabstory marketing increased significally in every year and the effectiveness of hijabstory marketing from the amount of turnover has increased also, it indicates that hijabstory marketing that the research investigated is effective in marketing perspective. Because by using marketing strategy, the growth of marketing and the effectiveness of marketing from the amount of turnover always increased from a year to year significally.
Â
Keywords: Effectiveness, Marketing, The Effectiveness of Marketing
Â
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Asrori Muhammad Asrori, 2009, Study Islam Kontemporer. Malang:UIN-Malang Press.
Rasyid Daud Rasyid. 1998. Islam dalam Berbagai dimensi. Jakarta: Gema Insani Pres.
Wahidin Khaerul dan Taqiyuddin Masyhuri. 2002. Metode Penelitian. Cirebon: STAIN Cirebon.
Soebantono Irawan. 1996. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Rosda Karya.
J. Moleong Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moh Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Bungin Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Kailan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Mulyana Deddy. 2003. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rianto Adi. 2005. Metodologi Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.
Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Porter Michael. 1980. Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.
Suttrisno Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Media Group.
Meldana. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integrstif . Malang: UIN Malang Press.
DOI: 10.24235/jm.v4i1.753
Article Metrics
Abstract view : 634 timesPDF - 671 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al Mustashfa Indexed by:
Reference Management Tool
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.