STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA INFAQ TELAAH EFEKTIVITAS APLIKASI DIGITAL PADA AT-TAQWA CENTRE KOTA CIREBON

Moh Mabruri Faozi(1*), Awalia Jehan S(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


At-Taqwa Centre Kota Cirebon merupakan salah satu masjid yang menggunakan fitur QR Code sebagai salah satu strategi dalam penghimpunan dana infaqnya. Dengan jamaahnya yang cukup banyak dan datang dari berbagai wilayah, ini merupakan suatu peluang bagi At-Taqwa Centre Kota Cirebon untuk memudahkan jamaah berinfaq secara non tunai dan dapat menambah jumlah perolehan dana infaq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fitur QR Code, efektivitas fitur QR Code sebagai salah satu strategi penghimpunan dana infaq, dan solusi dari faktor penghambat fitur QR Code pada At-Taqwa Centre Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi penghimpunan dana infaq melalui fitur QR Code belum cukup efektif dalam menghimpun dana infaq melihat peningkatan dan penurunan pendapatan setiap bulannya yang tidak stabil.

 

Kata Kunci: Infaq, Aplikasi Digital, dan QR Code

Full Text:

PDF

References


Abidah, A. “Analisis Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan ZIS pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo”. Kodifikasia, 10:1 (2016).

Abdullah, Jalil, M. M. “Pengurusan Dana Sedekah secara Sistematik: Analisa Peranan Institusi Kerajaan dan Swasta”. Jurnal Pengurusan JAWHAR Fakulti Ekonomi dan Muamalat, Universiti Sains Islam Malaysia, 8 (2008).

Agus M, H. W. (2018). “Perancangan E-payment System pada E-wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android”. Jurnal Sistem Komputer Universitas Komputer Indonesia, 7: (2018).

Anwar, Y. C. (2018). “Strategi Fundraising dalam Peningkatan Penerimaan Dana Zakat Infaq Shadaqah Di Zakat Center Thoriqotul Jannah Cirebon. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon, 1:1 (2018).

Arifin, G. Dalil-dalil dan Keutamaan Zakat, Infak, Sedekah Dilengkapi dengan Tinjauan dalam Fiqh 4 Madzhab. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2011.

Azwar, S. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2001.

Bank Indonesia. Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran. (2019).

https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/padg_211819.aspx

Bank Indonesia. Edukasi Financial Technology. (2020). https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan- konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/fintech/Pages/default.aspx

Bank Indonesia. Edukasi Uang Elektronik (2020).

https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan- konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/uang-elektronik/Pages/default.aspx

Buhari, H. Strategi Penghimpunan Dana Zakat (2018).

http://digilib.uinsby.ac.id/25850/, 32.

BUMN. Pembayaran Elektronik: Solusi untuk Mempermudah Setiap Transaksi (2020). www.bumn.go.id: http://www.bumn.go.id/keretaapi/berita/0-Pembayaran-Elektronik-Solusi- Untuk-Mempermudah-Setiap-Transaksi

Chairunnissa, C. Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

Eka, R. OVO Resmi Dapatkan Lisensi E-money (Update) (2019).

https://dailysocial.id/post/ovo-lisensi-e- money

Fadillah, F. F. (2019, Oktober 17). Kementrian Keuangan Republik Indonesia (2019).

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/sudah-saatnya- beralih-ke-e-money-alat-pembayaran-zaman-now/

Fahrurrozi. “Fundraising Berbasis ZIS: Strategi Inkonvensional Mendanai Pendidikan Islam”, Ta’dib, XIX:01 (2104).

Fathullah, A. Efektifitas Pendayagunaaan Dana ZIS pada Program Bantuan Pembuatan SIM (Studi Kasus Tukang Ojek dan Supir Angkutan Kota) BAZIS Kota Administrasi Jakarta Barat (2015).

https//.uinjkt.ac.id Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi

Fauzia, H.R. “Strategi Penggalangn Dana pada Organisasi Kemanusiaan Berbasis Agama”, Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 13:1 (2014).

Gojek. Kini Sedekah Bisa di Mana-mana, Cukup Scan CodeQR (2018). https://www.gojek.com/blog/sedekah- langsung-pakai-go-pay/

Handoko, T. H. Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2015.

Jaja, R. W. (2010). Implementasi Teknologi Barcode dalam Dunia Bisnis (dengan Ms. Visual Basic & Ms. Access). Yogyakarta: C.V Andi, 2010.

John A. II, R. B. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Joseph, E. A. “Pemanfaatan Qr-Code Sebagai Media Promosi Toko”. Jurnal MNEMONIC, 1:2 (2018).

Katadata. Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019 (2019). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/penggunasmartphone-di-indonesia-2016-2019

Katadata. Proyeksi Pengguna Internet di Indonesia 20172023 (2019). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-pengguna- internet-di-indonesia

Malik, I. Implementasi dan Efektivitas fitur QR Code pada At- Taqwa Centre Kota Cirebon (2020) (A. J. Savitri, Interviewer).

Masjid At-Taqwa Cirebon. Laziswa At-Taqwa Kota Cirebon (2019). https://attaqwacirebon.com/laziswa-at-taqwa-kota-cirebon/

Masruroh, S. “Efektifitas Penyaluran Zakat, Infak, Sedekah melalui Aplikasi Online”, Jurnal Andi Djemma Jurnal Pendidikan, 2:1 (2019).

Muhammad, D. W. (2019). “Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Masyarakat terhadap Sikap dan Minat Sedekah Menggunakan Pembayaran Non Tunai”, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 6:1 (2019).

Mukhtar, H. A. Efektivitas Pimpinan (Kepemimpinan Transformatif dan Komitmen Organisasi. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Ni Luh, G. S. “Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16:2 (2016).

Nisa. Perolehan Dana melalui fitur QR Code pada At-Taqwa Centre (2020) (A. J. Savitri, Interviewer)

Noor, J. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2011.

Philip, H. K. Marketing 4.0. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Pusat Data dan Analisa Tempo. Seri I Perkembangan Fintech di Indonesia. Tempo Publishing (2019).

Rahmi, A. D. (2018). “Telaah Strategi Fundraising Wakaf Tunai Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat”. Islamic Economics Quotient Ieq, 1:2 (2018).

Royyan, M. A. “Analisis Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah (Studi Kasus di LAZ Ummat Sejahtera Ponorogo)”, Islamic Economics Journal UNIDA Gontor, 3:1 (2017).

Rukajat, A. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Siti, M. U. “Pengaruh Aspek Produktifitas, Fleksibilitas dan Kepuasan SDM terhadap Efektifitas Penghimpunan Dana ZIS di NUCARE LAZIS NU Kabupaten Gresik”, QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine), 5:2 (2019).

Setyowati, D. Sedekah via QR Code, Seberapa Menarik bagi Pengguna Uang Elektronik? (2018). https://katadata.co.id/berita/2018/05/24/sedekah-via-qr-code-seberapa- menarik-bagi-pengguna-uang-elektronik

Siregar, SS, H. K. “Analisis Strategi Fundraising Lembaga Amil Zakat Melalui Platform E-commerce (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat)”, al-Mizan, 3:2 (2019).

Shalehuddin, W. S. Risalah Zakat, Infak dan Sedekah. Bandung: Tafakur, 2014.

Sugiyono. Meode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sujarweni, V. W. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2015.

Syahbana, F. Transformasi Digital dan Evolusi Aplikasi (2020). https://inet.detik.com/cyberlife/d-

/transformasi-digital- dan-evolusi-aplikasi

Uyun, Q. “Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf sebagai Konfigurasi Filantropi Islam”, Islamuna, 2:2 (2015).

Yessi, S. A. Strategi Fundraising: Kosnep dan Implementasi. Bandung: Unpad Press, 2016.

Yuda, A. M. “Penerapan QR Code pada Sistem Pemesanan di Industri Retail”, Jurnal Matematika, 6:6 (2017).




DOI: 10.24235/jm.v5i2.7462

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats