PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KELUARGATERHADAP MINAT WIRAUSAHA DARUT-TAUHID AL-ISHLAH CIREBON
(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(3) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Behavioral intention to the entrepreneurship is the first step move to the business world, without interest in entrepreneurship then the entrepreneur is difficult to develop. In developing entrepreneurship at an Islamic boarding school, it is necessary to build entrepreneurship interest in students of Islamic boarding school. Factors that influenced the growth of decisions to entrepreneurship is the result of the interaction of several factors namely the educational environment, personality, and family environment. This research uses the quantitative method with data collection technique that are questioner, documentary study and literature study. As the results can be showed that the partial variables of entrepreneurship education have a positive effect, while the environmental education variables do not positively affect the interest of entrepreneur for students in Islamic boarding school. Simultaneously show that the entrepreneurship education and family environment have a positive effect on entrepreneur interest of students in Islamic boarding school.
Keywords: Entrepreneurship Education, Family, and Interest in Entrepreneurship.
Â
Abstrak
Minat wirausaha adalah langkah awal memasuki dunia bisnis, tanpa minat berwirausaha maka wirausaha tersebut sulit untuk berkembang. Dalam mengembangkan kewirausahaan pada Pondok Pesantren diperlukan penanaman minat kewirausahaan pada santri. Faktor yang mempengaruhi tumbuhnya keputusan untuk berwirausaha merupakan hasil interaksi dari beberapa faktor yaitu lingkungan pendidikan, kepribadian seseorang, dan lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif, sedangkan variabel lingkungan pendidikan tidak berpengaruh positif terhadap minat wirausaha santri. Secara simultan menunjukan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat wirausaha santri.
Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Keluarga, dan Minat Wirausaha.
Full Text:
PDFReferences
Adhitama, Paulus Patria. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis)â€, Skripsi. Semarang: Fakultas EkonomiUniversitas Diponegoro, 2014.
Alma, Buchari. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta, 2008.
Arikunto, Suharisimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Deliarnov. Ekonomi Politik. Jakarta: Erlangga, 2006.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren Tradisi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.
Fadlilah, Farida et.al., “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK†Penelitian. Solo: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret, 2005.
Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali, 2006.
Khairani, Makmun. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Depok: Ar-Ruzz Media, 2013.
Munib, et.al. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MK UNNES, 2004.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian Skripsi Tesis Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2012.
Prawirokusumo, Soeharto. Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Wirausaha-wirausaha Tangguh. Semarang: PIBI-IKOPIN, 2011.
Prayitno, Dwi. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom, 2010.
Sarwono, Jonathan. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2006.
Setiawan, Deden. “Pengaruh Ekspansi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)â€, Penelitian. Yogyakarta: Program Studi Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2016.
Sriharini. “Pengembangan Etos Kewirausahaan Masyarakat Islamâ€, Jurnal Aplikasi llmu-ilmu Agama, Vol. VII, No. 2 (Desember, 2006).
Subur. “Islam dan Mental Kewirausahaan: Studi tentang Konsep dan Pendidikannyaâ€, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol. 12, No. 3 (Desember, 2007).
Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Suherman, Eman. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suliyanto. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Galia Indonesia, 2005.
Supranto, J. Statistik Edisi 5. Jakarta: Erlangga, 1998.
Ulfa, Nadhira. “Minat Wirausaha Kaum Santri dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang)â€, I-Economics Journal, Vol. 1, No. 1 (2015).
www.pendidikanekonomi.com/2014/07/pengertian-minat-wirausaha.html?m=1.
Yuriski, Hendras. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengruhi Persepsi dan Mint Mahasiswa untuk Berwirausahaâ€, Penelitian. Padang: Program Studi Mannajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, 2009.
DOI: 10.24235/jm.v4i1.4304
Article Metrics
Abstract view : 303 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al Mustashfa Indexed by:
Reference Management Tool
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.