MEKANISME PASAR PRODUK USAHA KREATIF HOME INDUSTRI DI DESA BODELOR DALAM TEORI IBN KHALDUN
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Â
Bodelor Village is a creative product business center with several home industries with products such as mukenah, kerudung, rattan handicraft and bamboo blinds. Progress of Bodelor village in the product of this creative business needs a healthy market mechanism between home industry owners in competing. So in determining the price of a fair product is left to the market mechanism itself. To find out the existing market mechanism, the authors looked at it using Ibn Khaldun's theory of market mechanisms. The method used in this research is qualitative by using the theory of Ibn Khaldun as a reference. Techniques of data collection conducted, namely observation, interview and documentation. Based on the results of existing research related to the theory of Ibn Khaldun, in the market mechanism there are similarities in the process of price creation influenced by demand and supply, workers, government, money, taxes and security. Price increases also occur when demand and supply of goods are unbalanced. The difference lies in the decline in the price of a product.
Keywords: Creative Business Products, Home Industry, Ibn Khaldun Market Mechanism.
Abstrak
Â
Desa Bodelor merupakan sentral produk usaha kreatif yang memiliki beberapa home industri dengan produk berupa mukenah, kerudung, kerajinan rotan dan kerai bambu. Kemajuan desa Bodelor dalam produk usaha kreatifnya ini membutuhkan mekanisme pasar yang sehat antara pemilik industri rumahan dalam berkompetisi. Sehingga dalam menentukan harga sebuah produk yang adil diserahkan kepada mekanisme pasar itu sendiri. Untuk mengetahui mekanisme pasar yang ada, penulis melihatnya dengan menggunakan teori mekanisme pasar Ibn Khaldun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teori Ibn Khaldun sebagai referensi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ada terkait dengan teori Ibn Khaldun, didalam mekanisme pasar terdapat kesamaan dalam proses terbentuknya harga yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran, pekerja, pemerintah, uang, pajak dan keamanan. Kenaikan harga juga terjadi ketika permintaan dan penawaran barang tidak seimbang. Perbedaannya terletak pada penurunan harga suatu produk.
Â
Kata Kunci: Produk Usaha Kreatif, Home Industri, Mekanisme Pasar Ibn Khaldun.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Boedi dan Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah). Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Al-Kaaf, Abdullah Zakiy. Ekonomi dalam Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Al-Qur’an Al-Hidayah, Tafsir Perkata Tajwid Kode Angka. Tanggerang: Kalim, 2010.
Amalia, Euis. Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Amalia, Euis. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Depok: Gramata Publishing, 2010.
Arifin, M. “Studi Komparatif tentang Mekanisme Pasar Ibnu Khaldun dan Adam Smithâ€, dalam http://digilib.uinsby.ac.id/1981/. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017.
Arikunto, Suharmi. Management Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Askandar, Noor Shodiq. 99 Great Ways Menjadi Pengusaha Muslim Sukses. Jakarta: Erlangga, 2013.
Boone, Louis E. Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat, 2013.
Deddy, Mulyana. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Hairuddin, Enni K. Kreatif Mencipta Produk. Jakarta: Progressio, 2016.
http://kbbi.web.id/usaha. Diakses pada tanggal 17 Mei 2017.
Huda, Choirul. “Pemikiran Ekonomi Bapak Ekonomi Islam Ibnu Khaldunâ€, dalam http://journal.walisongo.ac.id. Diakses pada tanggal 27 Februari 2017.
Huda, Nurul. “Harga dan Mekanisme Pasarâ€, dalam http://publikasiilmiah.ums.ac.id. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017.
Jaelani, Aan. “Hisbah and Market Mechanism: The Morality Study of Market Participants in Islamic Economic Perspectivâ€, dalam https://mpra.ub.uni-muenchen.de/69526/. Diakses pada tanggal 02 Maret 2017.
Karim, Adiwarman A. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.
Mastuti, Indari dan Agustin Rozalena. Mencicipi Kesuksesan Amanda Brownis Kukus. Bandung: Kaifa, 2010.
Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya, 1986.
Furqon, Muhammad. “Pemikiran Ekonomi Ibn Khaldun dalam Mekanisme Pasarâ€, dalam http://eprints.ums.ac.id/30877/. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017.
Muslim. “Mekanisme Harga Menurut Pemikiran Ibnu Khaldunâ€, dalam http://repository.uin-suska.ac.id/2010. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017.
Nelistya, Linda. “Pasar Monopolistikâ€, dalam http://www.academia.edu. Diakses pada tanggal 22 Maret 2017.
Nophirin. Pengantar Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPEE, 2012.
R., Lerbin dan Ariotang R. Riset Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2007.
Saiman, Leonardus. Kewirausahaan Teori, Praktik dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Santoso, Teguh. Marketing Strategic. Yogyakarta: Oryza, 2011.
Sudayat, Iwan. Sukses Membangun Industri Kreatif. Yogyakarta: Smart Pustaka, 2015.
Suhaimi, “Pemikiran Ibnu Khaldun tentang Perdagangan, Rasio Keuntungan dan Mekanisme Pengawasan Pasar dalam Kitab Al-Muqaddimahâ€, dalam http://respository.uin-suska.ac.id. Diakses pada tanggal 15 Juni 2017.
Suryabrata, Sumardi. Metedologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo, 2004.
Susana, Siti. “Peran Home Industri dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islamâ€, dalam https://repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada tanggal 04 Maret 2017.
Susanto, A. B. Susanto, Management For Everyone 5 Human Capital. Jakarta: Erlangga, 2011.
Tamkin, Joni. “Metodologi Ekonomi Islam: Suatu Analisis Perbandinganâ€, dalam http://e-journal.um.edu. Diakses pada tanggal 24 Juli 2017.
Udin, Asep. “Teori Permintaan dan Penawaran Ibnu Khaldunâ€, dalam www.academia.edu. Diakses pada tanggal 09 April 2017.
Ulya, Husna N. “Permintaan, Penawaran dan Harga Perspektif Ibnu Khaldunâ€, dalam http://jurnal.stainponogoro.ac.id. Diakses pada tanggal 05 April 2017.
Winardi, Jozef. Peran Usahawan dalam Pembangunan Indonesia. Bandung: Tarsito, 1977.
Zuliati, et.al. “Pengembangan Wirausaha Industri Kreatif Melalui Inovasi Produk Berbasis Syariahâ€, dalam http://dppm.uii.ac.id/. Diakses pada tanggal 02 Maret 2017.
DOI: 10.24235/jm.v2i2.2158
Article Metrics
Abstract view : 824 timesPDF - 590 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al Mustashfa Indexed by:
Reference Management Tool
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.