PAJAK REKLAME DALAM PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MAJALENGKA

Achmad Dasuki Aly(1*), Ajrun G. Mamnun(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 

Development of an area can be seen from the large amount of revenue (PAD), which owned the area. If local revenue showed an increasing trend from year to year, then the area has a good financial system. Local revenues consist of local taxes, levies, local corporate profits and other local revenues are legitimate. Hotel tax and restaurant tax is one part of local taxes. This research was conducted in the Office of Financial and Asset regions (DPKAD) Majalengka regency aims to determine the condition of the tax in Majalengka regency, to determine the advertisement taxation system in the county Majalengka and to determine the extent of the advertisement tax contribution in increasing revenue Majalengka regency in 2015. The research results show that the advertisement taxation in Majalengka regency is good enough or effective. Let no efforts in order to provide more tax revenue billboard role in improving the original income. As well as the addition of tax officers in the field to perform direct billing.

 

Keywords: Local Revenues, The Original Income, and Financial System

 

Abstrak

 

Perkembangan suatu daerah bisa dilihat dari besarnya jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dimiliki daerah tersebut. Jika pendapatan asli daerah menunjukkan trend yang meningkat dari tahun ke tahun maka daerah tersebut memiliki sistem keuangan yang baik. Pendapatan asli daerah terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, laba perusahaan daerah dan pendapatan asli daerah lainnya yang sah. Pajak Reklame merupakan salah satu bagian dari pajak daerah. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas keuangan dan Aset daerah (DPKAD) kabupaten majalengka bertujuan untuk mengetahui kondisi pajak di kabupaten majalengka, untuk mengetahui sistem pemungutan pajak reklame dikabupaten majalengka dan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten majalengka tahun 2015. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pemungutan pajak reklame di kabupaten majalengka sudah cukup baik atau efektif. Hendaklah ada upaya-upaya agar penerimaan pajak reklame lebih memberikan peranan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Serta adanya penambahan petugas pajak dilapangan untuk melakukan penagihan secara langsung.

 

Kata Kunci: Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah, dan Sistem Keuangan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Karim, Adiwarman. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, cet. I. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.

Brotodihardjo, R. Santoso. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Bandung: PT. Eresco, 1998.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Gusfahmi. Pajak Menurut Syariah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Herry, Purnomo. Dasar-dasar Perpajakan dan Akutansi Pajak. Jakarta: Erlangga, 2010.

Mahmudi. Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga, 2009.

Mardiasmo. Perpajakan, Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi, 2011.

Mudraja. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, 2014.

Syaukani, at all. Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004.

Wawancara Dengan Bapak Dani Eka Rahardian.

Wawancara Dengan Bapak Dani Eka Rahardian.

Widjaja. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2004.




DOI: 10.24235/jm.v2i1.1620

Article Metrics

Abstract view : 732 times
PDF - 455 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats