MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PENGGUNA LAYANAN PERIZINAN USAHA DI KABUPATEN CIREBON TAHUN 2016

Syaeful Bakhri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 

The importance of improving the quality of service to the community is a thing that can not be delayed, because with good service quality, it will be able to impact on increasing the amount of incoming investment. Public service is any service activities undertaken for the implementation of public services as an effort to meet the needs of the public and the implementation of the provisions of legislation. For the result of Community Satisfaction Index Survey on service quality of Integrated Licensing Service of Cirebon Regency Year 2016 which has the highest value is service ability of officer in giving service and service of suitability of service requirement with service type respectively 85,42, while having the lowest value is Fairness service cost to get service and suitability between cost incurred with cost which have been determined which each value equal to 77,75.

 

Keywords:  Satisfaction, Public Service, Quality of Human Resources, Procedures.

 

Abstrak

 

Pentingnya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat adalah hal yang tidak dapat ditunda, karena dengan kualitas pelayanan yang baik, akan berdampak pada peningkatan jumlah investasi yang masuk. Pelayanan publik adalah kegiatan pelayanan yang dilakukan untuk pelaksanaan pelayanan publik sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelaksanaan ketentuan perundang-undangan. Untuk hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap kualitas pelayanan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Cirebon Tahun 2016 yang memiliki nilai tertinggi adalah kemampuan pelayanan petugas dalam memberikan pelayanan dan pelayanan kesesuaian kebutuhan layanan dengan jenis layanan masing-masing sebesar 85,42, sementara memiliki Nilai terendah adalah biaya layanan Fairness untuk mendapatkan pelayanan dan kesesuaian antara biaya yang dikeluarkan dengan biaya yang telah ditentukan dimana masing-masing nilai sebesar 77,75.

 

Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Publik, Kualitas Sumber Daya Manusia, Prosedur.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad Nurmandi. Manajemen Pelayanan Publik Lampiran UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Jakatra: Sinergi Visi Utama, 2009.

Amri Marzali. Antropologi dan Kebijakan Publik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Deni Darmawan. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Fandy Tjiptono. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Oka A Yoeti. Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan. Jakarta: Prandya Paramita, 2003.

Rully Indrawan dan Poppy Yaniawati. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan campuran untuk Manajemen. Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Septiana Dwiputrianti dan Anwar Sanusi. Evaluasi Kebijakan dalam Upaya Peningkatan Mutu Human Capital di Sektor Publik (Comparative Study dengan Australia) dalam Pengembangan Human Capital, Perspektif Nsional, regional dan Global. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta 2007.

Wisnalmawati, “Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat Pembelian Ulang”, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Jilid 10, No. 03 (Juni: 2005).

Yanuar Ikbar. Metode Penelitian Sosial Kualitatif Panduan Membuat Tugas Akhir/Karya Ilmiah. Bandung: Refika Aditama, 2012.




DOI: 10.24235/jm.v2i1.1606

Article Metrics

Abstract view : 601 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats