MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI BERPENGARUH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA
(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, (SCOPUS ID : 57318405800; SINTA ID : 6156347)
(2) Institut Agama Islam Syekh Nurjati Cirebon
(3) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Factors that influence students' interest in entrepreneurship in this study are entrepreneurship courses and the use of information technology. The purpose of this research is to find out how the interest of students of the Faculty of Sharia and Islamic Economics IAIN Syekh Nurjati Cirebon to start their own business is influenced by entrepreneurship courses and the use of technology. The research method used is quantitative research with the subject of FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon students. The research population used the Slovin formula with an error rate of 5%, where as many as 355 students were the sample in this study. This Study’s research aids for descriptive analysis methods and multiple linear regression in this study used SPSS version 22 software. The results showed that entrepreneurship courses and the use of information technology simultaneously affected students' entrepreneurship interests. Analysis of research data shows that the t-test results show that the variables of entrepreneurship courses and the use of information technology partially affect the variable of student interest in entrepreneurship.
Keywords: Entrepreneurship; Information Technology; Interest
Full Text:
PDFReferences
Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).
Bakhri, S. (2020). Analisis Kepemilikan Sertifikasi Halal terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Pelaku Industri Kecil dan Menengah. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(1), 54-65.
Cahyani, F. I., & Widiyanto, W. (2019). Pengaruh Budaya Keluarga dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1115-1129.
Handayani, C. M., Wibowo, T. S., & Prabowo, T. A. (2020). Media Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Minat. Majalah Ekonomi, 110-121.
Hendrawan, A., & Yulianeu, A. (2017, October). Kompetensi dan krativitas tim pada umkm di wilayah kecamatan bantarsari kabupaten cilacap. In Seminar Nasional Dan Call Paper SINEMA (Vol. 2, pp. 264-275).
Indraswati, D., Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial di Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 17-34.
Kemenperin Republik Indonesia (2018). Indonesia butuh 4 juta wirausaha baru untuk menjadi negara maju. Retrieved from https://www.kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-butuh-4-juta-wirausaha-baru-untuk-menjadi-negara-maju
Layaman, L., & Nilamsari, P. (2018). Analisis Pengaruh Margin Dan Personal Selling Terhadap Minat Nasabah. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 10(1), 81-90.
Layaman. (2013). Aplikasi statistik dalam penelitian manajemen. Deepublish.
Nurikasari, F., Bakar, A., & Hariani, L. S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kreatifitas, dan Motivasi Berwirausaha Terhdap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Oktaviana, S. (2018). Pembentukan Karakter Anak Jalanan Melalui Program Pembinaan Kewirausahaan di Uptd Kampung Anak Negeri Surabaya. J+ Plus Unesa, 7(3).
Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Media Sosial, Motivasi Instrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasusa. Jurnal Sekretari & Administrasi, 35-46.
Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 89-97.
Rembulan, G. D., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 65-73.
Sapitri, N. A. (2018). Pengaruh E-Commerce Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Online Dalam Perspektif Islam Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Sulawesi Selatan.
Sarifuddin, A. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Alumni Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Jurnal Sosialisasi, 3(3), 27-30.
Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen), 1(1), 337-380.
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Edisi kesatu. Jakarta: Kencana.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Sukirman, Zazuli, A., & Afifi, Z. (2019). Analisis Pengetahuan Kewirausahaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Isu-isu Riset Bisnis dan Ekonomi di Era Disrupsi: Strategi Publikasi di Jurnal Bereputasi (pp. 116-123). Semarang: Madic.
Tangkaello, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan), 74-79.
Wahyuni, S., Fadah, I., & Tobing, D. S. (2018). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan melalui pengelolaan barang milik daerah. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(1), 66-80.
DOI: 10.24235/jm.v7i2.11577
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al Mustashfa Indexed by:
Reference Management Tool
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.