ETIKA BISNIS EKONOMI ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PEREKONOMIAN DI MASA DEPAN

Dena Ayu(1*), Syahrul Anwar(2),


(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Islam menempatkan etika dan moral pada posisi paling utama dalam kehidupan, Etika bisnis ekonomi Islam hadir untuk menjadi solusi pengembangan diri dalam dunia bisnis dan tindakan yang sesuai dengan norma dan agama. Penelitian yang dipakai yaitu penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data seperti pelacakan jurnal, buku-buku, dan artikel yang membahas tentang etika bisnis ekonomi Islam. Setelah sumber-sumber data terkumpul penulis akan menganalisis kemudian akan ditarik kesimpulan sebagai hasil dari penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menggali seberapa besar peluang berbisnis dengan tetap mengedepankan moral. Penelitian ini mengungkapkan Etika bisnis ekonomi Islam dalam menghadapi tantangan perekonomian masa depan yaitu dengan cara terus mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi serta mengolah kemampuan diri untuk dapat beradaptasi dengan keadaan yang semakin maju dan berkembang, dunia bisnis bertujuan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih baik serta tetap mengedepankan etika dan moral.

Kata Kunci: Etika, Bisnis, Ekonomi, Masa Depan.


Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Sylvia, H. K., & Zahra, N. (2018). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Perbankan Syariah. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 2(02), 83–101. https://doi.org/10.34005/elarbah.v2i02.700

Aprianto, I., Andriyansyah, M., Qodri, M., & Hariyanto, M. (2020). Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam. Deepublish.

Bahri, S. (2012). Etika Bisnis Lembaga Keuangan Syariah. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 1(2), 233–244.

Dahruji, D., & Permata, A. R. E. (2017). Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia. Dinar : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/dinar.v4i1.5063

Darmawati. (t.t.). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an dan Sunnah. Diambil 12 September 2021, dari https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/mazahib/article/view/118

Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Penebar PLUS+.

Fauzia, I. Y. (2018). Etika Bisnis dalam Islam. Prenada Media.

generator, metatags. (t.t.). Diskursus etika bisnis islam dalam dinamika bisnis kontemporer | An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. Diambil 16 September 2021, dari http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/nisbah/article/view/246

Koni, W. (2017). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Islam. Al-Buhuts, 13(2), 75–89.

Maharani, S., & Ulum, M. (2020). Ekonomi Digital: Peluang dan Tantangan Masa Depan terhadap Ekonomi Syariah di Indonesia. Conference on Islamic Studies FAI 2019, 0, 1–11. https://doi.org/10.30659/cois.v0i0.7981

Mashdurohatun, A. (2011). Tantangan Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Masa Depan Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Dinamika Hukum, 11(0), 76–88. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2011.11.Edsus.264

Mongkito, A. W., Sutra, M., Utomo, A. P., Mahfudz, M., Nurjannah, N., & Santri, D. (2022). Strategi Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi: EKS MTQ Kota Kendari). Robust: Research of Business and Economics Studies, 1(2), 93–120. https://doi.org/10.31332/robust.v1i2.3612

Nawatmi, S. (t.t.). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam | Fokus Ekonomi. Diambil 12 September 2021, dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe2/article/view/1666

Oktayani, D. (2018). Konsep Tolong Menolong Dalam Asuransi Syariah. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(1), 39–50.

Putritama, A. (2018). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Industri Perbankan Syariah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19356

Samad, M. (2018). Etika Bisnis Syariah: Berbisnis sesuai dengan Moral Islam. Sunrise Book Store.

Sampurno, W. M. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13–18.

Setiawan, I. (2014). Gadai pada Pegadaian Syari’ah. ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan, 8(2), 185–210. https://doi.org/10.15575/adliya.v8i1.8627

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suma, M. A., & Amin, I. Q. I. (2021). Asuransi Syariah Di Indonesia: Telaah Teologis, Historis, Sosiologis, Yuridis dan Futurologis. Bumi Aksara.

Surahman, M., & Adam, P. (2018). Penarapan Prinsip Syariah pada Akad Rahn di Lembaga Pegadaian Syariah. Law and Justice, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/laj.v2i2.3838

Wulandari, D. N., Santoso, B., & Athar, H. S. (2017). Etika Bisnis E-Commerce Berdasarkan Maqashid Syariah Pada Marketplace Bukalapak.com. JMM UNRAM - Master Of Management Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jmm.v6i1.21

Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish.




DOI: 10.24235/jm.v7i1.10034

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats