HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN “PENATARAN SANTRI BARU” DENGAN AKHLAK SANTRI PONDOK PESANTREN NADWATUL UMMAH DESA MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Nurul Hayat(1*), Nur Lela(2), Aen Zenudin(3),


(1) IAIN Cirebon
(2) IAIN Cirebon
(3) IAIN Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

“penataran santri baru” merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan PP Nadwatul Ummah dalam rangka membina akhlakul karimah santri baru. Tujuan kegiatan “penataran santri baru” adalah untuk membentuk karakter santri baru yang berkarakter santri, yaitu santri yang bersikap akhlakul karimah. Namun demikian, setelah mengikuti kegiatan “penataran santri baru” masih terdapat sebagian kecil santri yang belum menunjukan sikap akhlakul karimah.

Pertanyaan penelitian yang penulis ajukan adalah 1) Apakah kegiatan “penataran santri baru” di PP Nadwatul Ummah Ds. Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon sudah di laksanakan dengan baik? 2) Apakah akhlak santri di PP Nadwatul Ummah Ds. Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon sudah cukup tinggi? 3) Adakah hubungan yang signifikan antara kegiatan “penataran santri baru” dengan akhlak santri di PP Nadwatul Ummah Ds Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon?

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang 1) Untuk mengetahui kegiatan “penataran santri baru” di PP Nadwatul Ummah ds. Mertapada Kulon kec. Astanajapura Kab. Cirebon. 2) Untuk mengetahui akhlak santri di PP Nadwatul Ummah Ds. Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon. 3) Untuk mengetahui hubungan antara kegiatan “penataran santri baru” dengan akhlak santri di PP Nadwatul Ummah Ds. Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon.

Untuk menggali penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan Menggunakan Rumus Prosentasi skala yang digunakan dalam mencari prosentasi pervariabel, menggunakan Rumus Korelasi Product-Moment untuk menganalisa data ada tidaknya hubungan antara variabel “X” dan variabel “Y”.

Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kegiatan “penataran santri baru” di  PP Nadwatul Ummah dalam kategori baik dengan skor sebesar 82,87% karena berada pada rentang prosentase antara 76% - 100%. 2) Akhlak santri di PP Nadwatul Ummah dalam kategori baik dengan skor sebesar 81,25% karena berada pada rentang prosentase antara 76% - 100%. 3) Hubungan antara kegiatan “penataran santri baru” dengan akhlak santri di PP Nadwatul Ummah yaitu dengan nilai korelasi 0,634 yang menunjukan korelasi yang tinggi karena berada pada interval 0,600 sampai dengan 0,800.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

As, Asmaran. 1992. Pengantar Study Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

AR, Zahruddin dan Hasanuddin Sinaga. 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fathurrahman, Pupuh dan M Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.

dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Qomar, Mujamil. tt. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprayogo, Imam. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN-Maliki Press.




DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2859

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Hayat, Nur Lela, Aen Zenudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia