HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TsANAWIYAH (MTs) NEGERI 2 KABUPATEN CIREBON
(1) IAIN Cirebon
(2) IAIN Cirebon
(3) IAIN Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakuan oleh peneliti pada tanggal 16 November di MTs Negeri 2 Kabupaten Cirebon  ditemukan fenomena yang menarik untuk dipelajari dan diteliti. Yaitu tentang pergaulan teman sebaya  di MTs Negeri 2 Kabupaten Cirebon yang baik, Menurut guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam saat saya wawancarai. Tapi, motivasi belajar kurang antusias dalam mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pergaulan Teman Sebaya dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah  (MTs) Negeri  2 Kabupaten Cirebon  kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.
Kerangka penelitian ini  Pergaulan Teman Sebaya di sekolah yang terjadi saat kegiatan belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas memiliki peranan penting dalam menumbuhkan Motivasi Belajar (X) sebagai variabel bebas dan Motivasi Belajar (Y) sebagai variabel terikat
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya penulis gunakan rumus korelasi product moment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri  2 Kabupaten Cirebon  .. Adapun yang menjadi sampel adalah kelas VII-B yang berjumlah 50 dengan teknik cluster sampling.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pergaulan teman sebaya pada bidang Sejarah Kebudayaan Islam dengan motivasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri  2 Kabupaten Cirebon tingkat korelasi rendah. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,31 yang berada pada interval 0,20-0,40 Berdasarkan perhitungan uji korelasi “r†product moment dihasilkan nilai r sebesar 0,31 kemudian rhitung di atas dikonsultasikan ke rtabel pada df 48 diperoleh rtabel dengan derajat kepercayaan 0,05 sebesar 0,284. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa rhitung berada di atas rtable maka uji hipotesis menjawab Ha diterimadan H0 ditolak. Artinya bahwa antara variabel x (pergaulan teman sebaya) dan variabel y (motivasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kabupaten Cirebon terdapat hubungan yang signifikan secara statistik.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung :Rineka Cipta
B. Uno. Hamzah. 2016. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Bandung : PT Bumi Aksara.
Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta
Djamarah Syaiful Bahri . (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Desmita. 2013. Psikologi perkembangan. Bandung :PT remaja rosdakarya
Eka Izzaty Rita, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta : UNY Press
Fuad Abdul Baqi Muhammad. 2012. Terjemahan Al-Lu’lu wal Marjan Kumpulan Hadist Shahih Bukhari Muslim. Semarang : Pustaka Nuun
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Hamalik, Oemar. 2017. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Bumi Aksara
Hanafi, 2009. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Hurlock Elizabeth B 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
http://pergaulanremaja-1992.blogspot.co.id/2011/11/blog-post.html, diunduh pada hari Minggu 3 feb 2018 pukul 09.00 wib
Martinis Yamin. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat Referensi (GP press Group)
Mudjiono dan Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta
Murodi, 2009. Sejarah Kebudayaan Islam. Semarang:PT . Karya Toha Putra
Mustofa Ahmad, 1992. Tafsir Al-Maraghi Juz 25. Semarang : Toha Putra
Nuryati Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta : PT Indeks
Partowisastro Koestoer.1983. Dinamika Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Purwanto Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
S.L.La Sulo dan. Tirtarahadja Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Bandung :
Rineka Cipta
Santrock John W. 2015. Psikologi pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Grouf
Sardiman A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :
Rajawali Pers
Santosa Slamet. 2009. Dinamika Kelompok. Bandung : PT Bumi Aksara.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Bandung :
Rineka Cipta.
Sudijono Anas,. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif , R & D. Bandung : Alfabeta
. 2016. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif , R & D. Bandung : Alfabeta
Supriyadi Dedi. 2008 Sejarah Kebudayaan Islam. Bandung:Pustaka Setia
Surbakti E. B. 2009. Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta : Gramedia
Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri . 2010. Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8 Jakarta : Pustaka Ibnu Katsir
Taqiyuddin. 2011. Falsafah Dasar Pendidikan Islam Luar Sekolah. Cirebon: CV PANGGER Publishing
Wina Sanjaya . 2008. Strategi Pembelajaran.. Jakarta: Kencana Prenada
Yusuf Syamsu. 2017 . Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung :PT PT Remaja Rosdakarya
https://spmsleman.files.wordpress.com/2016/04/kma-nomor-165-tahun-2014-kurma-k13-lampiran.pdf diunduh tanggal 20 Februari 2018
DOI: 10.24235/tarbawi.v3i1.2854
Article Metrics
Abstract view : 227 timesPDF - 234 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhamad faizin, A. Syatori, Mahbub Nuryadien
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.