HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH DENGAN KETAATAN MENJALANKAN IBADAH SHOLAT FARDHU SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MAFATIHUL HUDA KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON

Sutrisno Sutrisno(1*), Mahbub Nuryadien(2), Iding Wahidin(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah terkait prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon pada bidang studi fiqih dengan ketaatan menjalankan ibadah sholat fardhu siswa. Tidak menutup kemungkinan bahwa siswa yang memiliki prestasi belajar baik juga memiliki kualitas pengamalan ibadah yang baik pula atau sebaliknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Dan memperoleh data tentang ketaatan siswa dalam menjalankan ibadah shalat fardhu. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan ketaatan dalam menjalankan ibadah shalat fardhu.

Penelitian ini berangkat dari kerangka pemikiran jika prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih tinggi seharusnya mencerminkan ketaatan dalam mengamalkan ajaran agama termasuk kedalam taat menjalankan ibadah shalat fardhu.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, antara lain: angket dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus mean, median, modus, uji variable menurut Suharsimi Arikunto dan korelasi product moment.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapt disimpulkan Prestasi belajar siswa pada bidang studi Fikih MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon memiliki nilai rata-rata sebesar 81,7. Ketaatan siswa dalam menjalankan ibadah sholat fardhu memiliki nilai rata-rata 3,1, dan Hubungan antara prestasi belajar bidang studi fiqih dengan ketaatan menjalankan ibadah sholat sebesar 4,08 %. yang berarti memang terdapat korelasi, akan tetapi itu lemah atau rendah.

 

Kata kunci :   Prestasi Belajar Siswa dan Ketaatan Menjalankan Ibadah Sholat Fardhu


Full Text:

PDF

References


Ridwan, Hasan, 2009. Fiqh Ibadah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Jakarta: PT.Raja Grafindo.




DOI: 10.24235/tarbawi.v2i2.2083

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF - 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sutrisno Sutrisno, Mahbub Nuryadien, Iding Wahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia