HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Shinta Dwiyanti(1*), A Syatori(2), Aen Zaenudin(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Perpustakaan adalah suatu ruangan atau gedung – gedung yang berisi buku – buku koleksi – koleksi yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah untuk dicri dan dipergunakan apabila sewaktu – waktu diperlukan oleh pembaca dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti ruang baca, rak buku, rak majala, meja kursi baca, karu katalog. Sistem pengelaolahan tertentu dan ditempatkan petugas yang menjalankan perpustakaan agar berjalan sebagaimana mestinya. Dan minat adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal yang menyeluruh.                                                                    

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Pemanfaatan perpustakaan Sekolah di Sekolah Menengah pertama (SMP) Negeri 1 Suranenggala, untuk memperoleh data tentang Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri 1 Suranenggala dan untuk memperoleh data tentang Hubungan antara Pemanfaatan perpustakaan Sekolah dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Suranenggala.

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemanfaatan perpustakaan yang baik dan memadai akan memberikan pengaruh yang besar terhadap minat belajar siswa. Pleh karena itu, segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar sehingga pemanfaatan perpustakaan dapat dirasakan maksimal.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dalam penganalisisan data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan rumus korelasi product moment.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 1 Suranenggala diperoleh perhitungan sebesar 74,15 % perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan di SMP Negeri 1 Suranenggala dikatakan cukup. (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Suranenggala diperoleh perhitungan sebesar 74, 4 % perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Suranenggala dapat dikatakan cukup. (3) Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Suranenggala diperoleh perhitungan  0,601% hal ini berarti bahwa hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Suranenggala memiliki korelasi yang cukup.

 

Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim R, & Nana Syaodih, 1996, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Mulyasa, E, 2005, Pengelolaan Perpustakaan, Jakarta: Grasindo.

Purwanto, Ngalim, 1998, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosda Karya.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinaga, Dian, 2009, Panduan Praktis Perpustakaan, Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, 2004, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: 10.24235/tarbawi.v2i2.2077

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shinta Dwiyanti, A Syatori, Aen Zaenudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia