KONSEP PENDIDIKAN MORAL IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pemikiran Imam al-Ghazali tentang pendidikan moral mempunyai relevansi dengan kehidupan pada masa sekarang atau relevan jika diimplementasikan pada masa sekarang. Imam al-Ghazali dalam menyusun sistem pendidikan moralnya, mengarah kepada satu tujuan, yaitu Allah SWT. Tujuan dapat dicapai melalui taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT hingga menjadi insan kamil yang membuat manusia berbahagia di dunia dan di akhirat. Tujuan ini sangat relevan dengan tujuan pendidikan agama Islam yang membimbing peserta didik untuk memahami nilai-nilai Islam untuk pegangan hidupnya. Jadi konsep pendidikan moral al-Ghazali bersifat dinamis dan dapat diimplikasikan nilai-nilai dari konsep pendidikan moral tersebut pada zaman kekinian dan relevan dengan pendidikan agama Islam di Indonesia.
Â
Kata kunci: Moral, Pendidikan Agama Islam
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. Amin. 2002. Antara Al- Ghazali dan Kant: Filsatat Etika Islam. Terj. Hamzah. Bandung: Mizan.
Akhyak. 2005. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: eLKAF.
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Cet-9. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arif, Mahmud. 1999. Konsep Pendidikan Moral, Telaah Terhadap Pemikiran Al-Mawardi, Tesis Pasca sarjana IAIN. Yogyakarta : IAIN.
Asy’ari, Musya. 1984. Islam, Kebebasan Dan Perubahan Sosial, Sebuah Bunga Rampai Filsafat. Jakarta: Sinar Harapan.
Jaya, Yahya. 1994. Spiritualisasi Islam Dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian Dan Kesehatan Mental. Jakarta: CV Ruhama.
Langgulung, Hasan. 1987. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Malik Karim Amrullah, Abdul dan Djumransjah. 2007. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. Malang: Uin-Malang Press.
Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nizar, Samsul dan Ramayulis. 2005. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum Teaching.
Sulaiman, Fathiyah Hasan. 1990. Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali. Terj. Ahmad Hakim dan Imam Aziz. Jakarta: P3M.
Syaifuddin, Ahmad. 2005. Peranan Peran Pemikiran Imam Al-Ghazali, dalam Pengembangan Pendidikan Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bandung: Pustaka Setia.
Thoha, Chabib, dkk. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zainuddin. 1991. Seluk-Beluk Pendidikan dari al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1235
Article Metrics
Abstract view : 1509 timesPDF - 1226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Didi Supardi, Abdul Ghofar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.