KONSEP PENDIDIKAN MORAL IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

Didi Supardi(1*), Abdul Ghofar(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemikiran Imam al-Ghazali tentang pendidikan moral mempunyai relevansi dengan kehidupan pada masa sekarang atau relevan jika diimplementasikan pada masa sekarang. Imam al-Ghazali dalam menyusun sistem pendidikan moralnya, mengarah kepada satu tujuan, yaitu Allah SWT. Tujuan dapat dicapai melalui taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT hingga menjadi insan kamil yang membuat manusia berbahagia di dunia dan di akhirat. Tujuan ini sangat relevan dengan tujuan pendidikan agama Islam yang membimbing peserta didik untuk memahami nilai-nilai Islam untuk pegangan hidupnya. Jadi konsep pendidikan moral al-Ghazali bersifat dinamis dan dapat diimplikasikan nilai-nilai dari konsep pendidikan moral tersebut pada zaman kekinian dan relevan dengan pendidikan agama Islam di Indonesia.

 

Kata kunci: Moral, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. 2002. Antara Al- Ghazali dan Kant: Filsatat Etika Islam. Terj. Hamzah. Bandung: Mizan.

Akhyak. 2005. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: eLKAF.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Cet-9. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arif, Mahmud. 1999. Konsep Pendidikan Moral, Telaah Terhadap Pemikiran Al-Mawardi, Tesis Pasca sarjana IAIN. Yogyakarta : IAIN.

Asy’ari, Musya. 1984. Islam, Kebebasan Dan Perubahan Sosial, Sebuah Bunga Rampai Filsafat. Jakarta: Sinar Harapan.

Jaya, Yahya. 1994. Spiritualisasi Islam Dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian Dan Kesehatan Mental. Jakarta: CV Ruhama.

Langgulung, Hasan. 1987. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Malik Karim Amrullah, Abdul dan Djumransjah. 2007. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. Malang: Uin-Malang Press.

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nizar, Samsul dan Ramayulis. 2005. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum Teaching.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. 1990. Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali. Terj. Ahmad Hakim dan Imam Aziz. Jakarta: P3M.

Syaifuddin, Ahmad. 2005. Peranan Peran Pemikiran Imam Al-Ghazali, dalam Pengembangan Pendidikan Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bandung: Pustaka Setia.

Thoha, Chabib, dkk. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zainuddin. 1991. Seluk-Beluk Pendidikan dari al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1235

Article Metrics

Abstract view : 1509 times
PDF - 1226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Didi Supardi, Abdul Ghofar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia