FLEKSIBILITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: UPAYA MENCIPTAKAN BUDAYA SEKOLAH YANG BERKARAKTER

Abdul Ghofar(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membina, membimbing, melatih, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum dengan maksud agar manusia sebagai bagian dari organisasi mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan dirinya sendiri maupun organisasi secara efektif dan efisien. Dalam konteks nilai dan norma sosial, tugas pemimpin adalah membuat organisasi sebagai suatu sistem sosial yang menyenangkan bagi anggota organisasinya, organisasi menjadi satu tempat berinteraksi dan aktualisasi diri bagi anggotanya. Dalam konteks lembaga pendidikan, peran kepemimpinan dilaksanakan oleh kepala sekolah. Sehingga kepemimpinan pendidikan adalah proses mempengaruhi semua personel yang mendukung pelaksanaan aktivitas pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan adalah segenap kegiatan dalam usaha mempegaruhi personal di lingkungan pendidikan pada situasi tertentu agar mereka melalui usaha kerjasama, mau bekerja dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Kepemimpinan Pendidikan, Budaya Berkarakter


Full Text:

PDF

References


Asmara, U. Husna, Sudarwan,Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia, 1985

Atmodiwirio,Soebagio,Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya, 2000

Bass, B.M.,Leadership and performance beyond expectation, New York: Free Press, 1885

Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Fiedler, E. Fred,ATheory of Leadership Effectiveness. New York: Mc.Graw Hill, 1967

Gary, Yukl,Kepemimpinan dalam Organisasi (terj), Jakarta: Prenhallindo, 1998

Gary, Yukl,Leadership in Organizations. London: Prentice-Hall International.Leadership in Organizations, 2001

Hidayat, Ara,Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Bandung: Pustaka Educa, 2009

J.P. Kotter, LeadingChange Menjadi Pionir Perubahan. (terj) Jakarta: Gramedia

Khozin, dkk.,Manajemen Pemberdayaan Madrasah. Malang: UMM Press, 2000

Komariah, Aan,& Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Kotter, J. P., Leading Change. Boston, Harvard Business School Press, 1886.

Millah, Saeful, “Perubahan Birokrasi Secara Menyeluruhâ€, dalam Harian Umum Pikiran Rakyat. Edisi Kamis, 13 Februari 2003.

Nanus, Burt, Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization. San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers, 1985.

Pramudji, Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Rivai,Veithzal,Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Robbins, SP., Teori Organisasi: Struktur, Desain, dan Aplikasi, Terjemahan Udaya, Yusuf. Jakarta : Arcan, 1994.

Sadler,Ledership. London: Kogan Page Limited, 1997.

Terry,George R., Principles of Management, Homewood Illinois: Richard D. Irwin Inc, 1960.




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1228

Article Metrics

Abstract view : 763 times
PDF - 721 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Ghofar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia