FLEKSIBILITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: UPAYA MENCIPTAKAN BUDAYA SEKOLAH YANG BERKARAKTER
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membina, membimbing, melatih, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum dengan maksud agar manusia sebagai bagian dari organisasi mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan dirinya sendiri maupun organisasi secara efektif dan efisien. Dalam konteks nilai dan norma sosial, tugas pemimpin adalah membuat organisasi sebagai suatu sistem sosial yang menyenangkan bagi anggota organisasinya, organisasi menjadi satu tempat berinteraksi dan aktualisasi diri bagi anggotanya. Dalam konteks lembaga pendidikan, peran kepemimpinan dilaksanakan oleh kepala sekolah. Sehingga kepemimpinan pendidikan adalah proses mempengaruhi semua personel yang mendukung pelaksanaan aktivitas pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan adalah segenap kegiatan dalam usaha mempegaruhi personal di lingkungan pendidikan pada situasi tertentu agar mereka melalui usaha kerjasama, mau bekerja dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Kepemimpinan Pendidikan, Budaya Berkarakter
Full Text:
PDFReferences
Asmara, U. Husna, Sudarwan,Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia, 1985
Atmodiwirio,Soebagio,Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya, 2000
Bass, B.M.,Leadership and performance beyond expectation, New York: Free Press, 1885
Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Fiedler, E. Fred,ATheory of Leadership Effectiveness. New York: Mc.Graw Hill, 1967
Gary, Yukl,Kepemimpinan dalam Organisasi (terj), Jakarta: Prenhallindo, 1998
Gary, Yukl,Leadership in Organizations. London: Prentice-Hall International.Leadership in Organizations, 2001
Hidayat, Ara,Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Bandung: Pustaka Educa, 2009
J.P. Kotter, LeadingChange Menjadi Pionir Perubahan. (terj) Jakarta: Gramedia
Khozin, dkk.,Manajemen Pemberdayaan Madrasah. Malang: UMM Press, 2000
Komariah, Aan,& Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Kotter, J. P., Leading Change. Boston, Harvard Business School Press, 1886.
Millah, Saeful, “Perubahan Birokrasi Secara Menyeluruhâ€, dalam Harian Umum Pikiran Rakyat. Edisi Kamis, 13 Februari 2003.
Nanus, Burt, Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization. San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers, 1985.
Pramudji, Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Rivai,Veithzal,Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Robbins, SP., Teori Organisasi: Struktur, Desain, dan Aplikasi, Terjemahan Udaya, Yusuf. Jakarta : Arcan, 1994.
Sadler,Ledership. London: Kogan Page Limited, 1997.
Terry,George R., Principles of Management, Homewood Illinois: Richard D. Irwin Inc, 1960.
DOI: 10.24235/tarbawi.v1i1.1228
Article Metrics
Abstract view : 763 timesPDF - 721 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Abdul Ghofar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.