PENERAPAN PROBLEM BASE LEARNINGDALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH DANLITERASI SAINS PADA MAHASISWA

Yuyun Maryuningsih(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Pembelajaran pada mahasiswa calon guru ditekankan pada kemandirian belajar, literasi sains dan komunikasi. Oleh karena itu mahasiswa perlu dibantu untuk menumbuhkan  kemandirian belajar, keterampilan kerja ilmiah literasi sains agar mereka memiliki kecakapan untuk bekalnya sebagai calon pendidik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan model Problem Base Learning (PBL) dapat menumbuhkan kemandirian belajar, keterampilan kerja ilmiah dan literasi sains pada mahasiswa.  Tujuan penelitian adalah menyelidiki keefektifan PBLmenumbuhkan kemandirian belajar, keterampilan kerja ilmiah dan literasi sains pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yangmeliputi empat tahapan yaitu tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Tahapan tersebut disusun dalam dua siklus. Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar, keterampilan kerja ilmiah dan literasi sains. Data diambil dengan observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase mahasiswa  yang memiliki kemapuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan PBL dapat menumbuhkan  kemandirian belajar, keterampilan kerja ilmiah dan literasi sains  pada mahasiswa secara signifikan.

Kata kunci: Problem base learning, kemandirian belajar, keterampilan kerja ilmiah dan literasi sains


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi 5. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta

Barrett, T., and Mac Labhrain, I. 2005.Hand book of Inquiry and Problem Based Learning: Designing a Hybrid Problem Based Learning (PBL) course: A Case Study of First Year Computer Science in NUI May Noth. Galwa: Celt, Released under Creative Commons Licence.

Basrowi, Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Pertama. Penerbit Ghalia Indonesia: Bogor.

Bassham G, William I etc. 2008. Critical Thinking a student’s Introduction. Third edition.Published by McGraw-Hill Companies, Inc: New York.

Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Mendemonstrasikan Sikap Ilmiah, kerja ilmiah dan berkomunikasi ilmiah dalam pembelajaran Kimia. Artikel.http: //www.dikmenum.go.id. (21 September 2008).

Gackowski, Z. 2005. Case/Real-Life Problem Based Learning with Information System Projects. Journal of Information Technology Education.Volume 2. California State University Stanisland Turlock, California USA.

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar.PT Bumi aksara.

Hendriani Yeni. 2009. Pengaruh Pembelajaran Terpadu terhadap Pengembangan Literasi Sainssiswa SMPN 3 Cimahi dan SMPN1 Lembang.www. Putikdh.files.wordpress.com.

Keil C, J. Hanney, and J Zoffel. 2009. Improvement in Student Achivement and Science Process Skill using Environmental health Science Problem Based Learning Curricula. Electronic Journal of Science Education.13 (1) Southwesttern University.

Keith Sawyer. 2006. The Cambridge Handbook of The Learning Sciences :Kolodner Janet L. (Case Base Reasoning). Cambridge University Press: New York.

Liex. E. M. 1999. A Comparative Study of Learning in Lecture vs. Problem-Based Format.Australian Journal of Educational Technology."http://www.udel. edu/pbl/ cte/ spr96-nutr.html" (21 Maret 2009).

Listyono. 2010. Information Search dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Proceeding Seminar nasional Pendidikan IPA 2010 ISBN 978 9791 630245. Pendidikan IPA FMIPA UNNES: Semarang

Maryuningsih Yuyun. 2010. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Problem Base Learning dapat Menumbuhkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Memecahkan Masalah Lingkungan pada Mahasiswa Sekolah adiwiyata. Proceeding Seminar nasional Pendidikan IPA 2010 ISBN 978 9791 630245. Pendidikan IPA FMIPA UNNES: Semarang

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Media Group.

Spronken, R., and Smith. 2009. Problem Based Learning Challenging but Empowering.Journal of University of Otago Dunedin. New Zealand.

Stack A. 2009. A Report on The Dual Learning Outcomes of Implementing a Problem Based Learning Approach within the Multimedia Application Classroom. Department of Computing Math and Physics.Waterford Institute of Technology Ireland.

Sukmadinata, N S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ward, J D., and Lee, ICL. 2002. A Review of Problem based Learning.Journal of family and consumer sciences Education. 20 (1)

Wongsri,N., Cantwell, R.H., Archer, J. (2002). The Validation of Measures of Self- Efficacy, Motivation and self-Regulated Learning among Thai tertiary Students.Paper presented at the Annual Conference of the Australian Association for Research in Education, Brisbane, December 2002

Wood E.J. 2004. Problem Based Learning: Exploiting Knowledge of how People Learn to Promote effective Learning. BEE-J journal.Volume 3.School of Biotechnology and Molecular Biology and Learning and Teaching Support Network (LTSN) for Bioscience.University of Leads.Leads. UK

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i1.526

Article Metrics

Abstract view : 871 times
PDF - 773 times

Refbacks



Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)