PROFIL KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM MEMBUAT PETA KONSEP PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA BIOLOGI SMA

Anda Juanda(1*), Ipin Aripin(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan mahasiswa calon guru biologi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam membuat peta konsep materi  biologi SMA.  Penelitian ini merupakan “Quasi eksperimental design” dengan subyek penelitian mahasiswa semester VI kelas Bio-C dan Bio-D IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengambil mata kuliah Kapita Selekta Biologi SMA 2, dengan jumlah mahasiswa kelas Bio-C sebanyak 30 mahasiswa dan kelas Bio-D sebanyak 29 orang dengan delapan item peta konsep yang diujikan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon sudah mampu membuat peta konsep dengan cukup baik. Konsep sistem respirasi merupakan konsep dengan rata-rata nilai terendah, sedangkan konsep sistem koordinasi merupakan konsep dengan rata-rata nilai tertinggi.

                                                          

Kata kunci : profil, peta konsep, kapita selekta


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Novak, J.D., and D.B. Growin. (1985). Learning How to Learn. Cambridge University Press, Canbidge

Novak, J. D. ( 1997). New Trends In Biology Teaching. Science Education, 61: 453-477

Maulim, Silitonga. (--------). ”Analisis dan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Peta Konsep sebagai Media dan Alat Evaluasi dalam Pengajaran Kimia SMU. Jurnal Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i2.512

Article Metrics

Abstract view : 786 times
PDF - 559 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)