PENGARUH GAYA DAN SITUASI KEPEMIMPINAN TERHADAP IKLIM KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

Abdul Basit(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini muncul dari rasa penasaran penulis yang merasakan Iklim Kerja Tenaga Kependidikan yang kurang kondusif sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini dan guna mengetahui pengaruh gaya dan situasi kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan di MAN Ciledug. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) Seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan, (2) Seberapa besar pengaruh situasi kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan dan (3) Seberapa besar pengaruh gaya dan situasi kepemimpinan secara bersama-sama terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi iklim kerja organisasi, diantaranya adalah faktor kepemimpinan. Beberapa Dimensi kepemimpinan diantaranya adalah gaya dan situasi kepemimpinan, dimensi ini merupakan hal yang pertama mempengaruhi iklim kerja. Dengan gaya kepemimpinan yang baik dan situasi kepemimpinan yang efektif diharapkan akan mewujudkan Iklim Kerja Tenaga Kependidikan yang kondusif.  Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui  angket/kuesioner. Teknik analisis  data  yang  digunakan  adalah  korelasi pearson product moment, determinasi, dan korelasi ganda. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan  tujuan  penelitian. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian  ini,  maka  dapat  ditarik  kesimpulan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan sebesar 37% termasuk pada kategori kurang, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan situasi kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan sebesar 32% termasuk pada kategorikurang, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya dan situasi kepemimpinan educater secara bersama-sama terhadap Iklim Kerja Tenaga Kependidikan sebesar 39%, sisanya di pengaruhi oleh faktor yang lainnya.

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, situasi kepemimpinan dan iklim kerja

 

Abstract

The background of this research arises from author’s curiosity who feel the working climate of educater is less of  conducive so author interested in conducting this research and to determine the influence of leadership style and leadership situation on the working climate of educater in MAN Ciledug. The aim of this research are to explain (1) How much the influence of the leadership style on the working climate of educater, (2) How much the influence of the leadership situation on the working climate of educater and (3) How much the influence of leadership style and leadership situation working together on working climate of educater. There are several factors that can influence the working climate of the organization, including the factor of leadership. Some dimensions of leadership such as leadership style and leadership situations, these dimensions are the first thing that influence the working climate. With the good leadership style and effective leadership situation is expected to realize a conducive working climate ofeducater. The method is used in this research is quantitative method with data collection through questionnaires / questionnaire. The data analysis technique used is the Pearson product moment correlation, determination, and double correlation. Furthermore, the data that had been collected was processed and then interpreted, analyzed and described in accordance with the issues and research purposes. Based on the discussion in this research, it can be concluded that: (1) There are positive influence and significant leadership style on working climate of educater is 37% included in the category of less, (2) There are positive influence and significant leadership situation on the working climate of educateris 32% include in the category of less, (3) There are positive influence and significant both  of leadership styles and situations educater together onworking climate of educater is 39%, the rest is influenced by other factors.

Keywords: leadership style, leadership situation and working climate


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Badeni. (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Carudin. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Edisi Khusus no. 2.

Davis, Keith dan Newstrom, Jhon. (2001). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: PT. Erlangga.

Puspita, sari Dewi. (2013). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan di Gugus Rama 2 UPT DISDIKPORA Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 2, No.1.

Dharma, Agus. (1992). Gaya Kepemimpinan Yang Efektif Bagi Para Manajer. Bandung: Sinar Baru.

Djazuli, Ahmad. (2003). Fiqih Siyasah: Implementasi Kemaslahatan Umat dalam Rambu-rambu Syari’ah. Jakarta: Kencana.

Echol, John dan Sadily Hassan. (2003). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Hersey, Paul dan Kenneth Blanchard. (1998). Managing of Organization Behaviour. New Jersey: Practice Hall Inc.

Ismail, Syuhudi. (1995). Hadis Nabi Menurut Pembela, Pengingkar dan Pemalsunya. Jakarta: Gema Insani Press.

Knowles, Graeme. (2011). Quality Management. bookboon.com

Mulyasa. H. E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Owens, R. G. (1995). Organization Behaviour in Education. Boston: Allyn and Bacon.

Raharjo, Dawam. (2002). Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, Cet II. Jakarta: Paramadina.

Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy. (2011). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. (1991). Management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sagala, Syaiful. (2008). Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saskhin, Marshall dan Saskhin Molly G. (2011). Leadership That Matter. Jakarta: Erlangga. Diterjemahkan oleh Rudolf Hutauruk.

Sedarmayanti. (2011). Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasialan. Bandung. PT. Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suci Emilia Fitri dan Samsir. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Iklim Kerja Organisasi pada PT. PLN Cabang Solok. Jurnal Demokrasi Volume X. No. 2.

Sudaryono. (2014). Leadership: Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Jakarta: Alfabeta.

Toha, Miftah. (2003). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi 10. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahab, Abdul Azis. (2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/oasis.v1i01.808

Article Metrics

Abstract view : 910 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)