Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA

Wagirun Wagirun(1*), Bambang Irawan(2),


(1) Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
(2) Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of the use of project-based learning models. The stages of this research development include: (1) literature and field studies; (2) analysis of learning models, initial product design; and (3) evaluation. The instruments used were nontest and test. Non-test instruments use a questionnaire and test instruments use pre-test and post-test. The pre-test and post-test results show that the project-based learning model can effectively improve the ability to write explanatory texts in class XI MIA-1 students at SMA Negeri 1 Labuhan Deli in 2018/2019.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Tahapan penelitian pengembangan ini, meliputi: (1) studi literatur dan lapangan; (2) analisis model pembelajaran, desain produk awal; dan (3) evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah nontes dan tes. Instrumen nontes menggunakan angket dan instrumen tes menggunakan pre-tes dan pos-tes. Hasil pre-tes dan pos-tes menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


ability; explanatory texts; project-based; learning models; questionnaire

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2007). Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azkia, H. & Isnandab, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTSN Durian Tarung Padang. BAHASTRA, 38 (2), 95 — 98. DOI: doi.org/10.26555/bahastra.v38i2.8495.

Khairullah, Syambasril, &Wartiningsih, A. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1 – 11.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Nugraha, V. & Sari, H. N. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Semantik, 8(1), 18 – 28.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Saragih, N. Y. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Unimed.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susilo, J. (2017). Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Siswa SMK. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 76 – 92.

Wardiani, R. & Mulyaningsih, I. (2015). Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nuurusshiddiiq, Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 1-16. doi: 10.24235/ileal.v1i1.36.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/ileal.v5i1.5033

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com