Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia

Indrya Mulyaningsih(1*), Itaristanti Itaristanti(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


This qualitative descriptive study aims to describe learning with HOTS content for students as prospective teachers. The study population consisted of all lecturers and students of the Indonesian Department of Social Sciences FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. The research sample included: 4 lecturers and 117 students. Data was collected through questionnaires, interviews, and observations. The results of the study indicate that learning in the Indonesian Department of Social Sciences has been loaded with HOTS. However, there are still characteristic institutions and faculties that have not been charged with HOTS. Therefore, it should be necessary to improve the lecturers who are characteristic of the Institute and Faculty. Learning courses that characterize the Department have carried out HOTS activities. The course characterization bills are not only in the form of papers, but products. These products can be enjoyed by the general public, both in the form of performances and books.

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bermuatan HOTS bagi mahasiswa sebagai calon guru. Populasi penelitian terdiri atas semua dosen dan mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun sampel penelitian, meliputi: 4 dosen dan 117 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan pengamatan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia sudah bermuatan HOTS. Namun demikian, masih terdapat mata kuliah penciri Institut dan Fakultas yang belum bermuatan HOTS. Oleh karena itu, hendaknya perlu ada perbaikan bagi para dosen pengampu mata kuliah penciri Institut dan Fakultas. Pembelajaran mata kuliah penciri Jurusan sudah melakukan aktivitas HOTS. Tagihan mata kuliah penciri Jurusan tidak hanya berupa makalah, tetapi produk. Produk tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat umum, baik berupa pementasan maupun buku.


Keywords


activities, HOTS, Indonesia, learning, performances

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Cohen, L., et al. (2000). Research Methods in Education. Great Britain: TJ International Ltd, Padstow, Cornwall.

Creswell, J. W. (2012). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Dirjendikdasmen. (2016). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Lindawati, Siregar, A., dan Yuberti. (2016). “Pengembangan Instrumen Authentic Assessment untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Peserta Didik†dalam Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika Bandarlampung, IAIN Raden Intan Lampung, 28 Mei 2016, ISBN 978-602-74712-0-7, 140-149.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Newman dan Wehlage. (2013). Authentic Education (daring) diakses di https://sites.ehe.osu.edu/bedmiston/files/2013/03/Authentic-Education-5-Standards.pdf pada Selasa, 17 Oktober 2018 pukul 21.31 WIB.

Onosko, J. J., & Newmann, F. M. (1994). Creating More Thoughtful Learning Environment. In J. Mangieri, & C. C. Blocks (Eds.), Creating Powerful Thinking in Teachers and Students Diverse Perspectives (pp. 27-49). Forth Worth: Harcourt Brace College PublishersCohen, Louis, et al. 2012. Research Methods in Education. Great Britain: TJ International Ltd, Padstow, Cornwall.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Pratiwi, U., dan Fasha, E. F. (2015). “Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin dalam Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), November 2015, 123-142 E-Issn 2477-2038.

Retnaningdyah, P., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahid, A. S. (2017). “Hati-hati Mengartikan, Gerakan Literasi Bukan Sekadar Gerakan Baca dan Tulis†dalam Kompasiana, 2 Maret 2017.

Teguh, M. (2017). “Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti†Dalam Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017, 18-26 di http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3%20Mulyo%20Teguh.pdf.

Tim Pengembang Nasional. (2017). Pembekalan Fasilitator Nasional: Implementasi Program Pemerataan Guru dalam Meningkatkan Literasi di Sekolah Daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO. (2006). Education for All Global Monitoring Report.

Wardany, K., Sajidan, dan Ramli, M. (2015). “Penyusunan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Ekosistem SMA Kelas X†dalam Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, 538-543.

Yuniar, M., Rakhmat, C., dan Saepulrohan, A. (2015). “Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis†dalam Prosiding Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, 187-195.




DOI: 10.24235/ileal.v4i1.2970

Article Metrics

Abstract view : 687 times
PDF - 1614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â