Analisis Manajemen Program Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Nonformal Daring
(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Ada berbagai perbedaan dalam pengelolaan program pendidikan di lembaga pendidikan informal daring. Salah satunya ada di YouTube. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan pengelolaan program bahasa Arab pada beberapa channel YouTube yang berjumlah lima channel yaitu: (1) Yayasan BISA, (2) KEPO Bahasa Arab, (3) Muhammad Husein Gaza, (4) Yufid EDU, (5) Pintar Nahwu; Analisis Manajemen Program Bahasa Arab pada Lembaga Informal dari Sisi Implementasi/Aktivasi Menurut George R. Terry (George R. Terry) (tujuan, kurikulum, strategi, dan metode, serta materi dan sumber daya pendidikan). Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan deskriptif. Temuan penelitian ini adalah adanya kesamaan antar lembaga pendidikan nonformal, khususnya pada tujuan pendidikan khususnya, sedangkan perbedaannya terletak pada strategi, metode dan materi pendidikan; Sasarannya mengacu pada GBPP (Rencana Program Pengajaran) yang ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, sedangkan kurikulum dan strategi yang dipakai hanya berpusat pada guru dan siswa, metode yang dipakai lebih banyak menggunakan metode tata bahasa, penerjemahan, membaca, menghafal dan sebagainya, sedangkan bahan dan sumber ajar memakai kitab-kitab cetak pendirinya dan berbasis pada topik-topik bahasa Arab.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Arabiatul, Adawiyah, Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja (Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi). Vol. Iv.No.2, November 2016), h.2.
Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. An-Nisa, 12(1), 570–582. https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.452
Amri, U., Hendri, Marsidin, S., & Gistituati, N. (2021). Analisis Pengelolaan Dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Non Formal Dalam Menciptakan SDM Yang Berkarakter. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1904–1909. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.686
Andriana, K. (2018). Urgensi Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan di Sekolah.
Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 188–197.
Bafadhol, Ibrahim. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia (Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam), Vol.06 No.11 Januari 2017), h.60-62
Bouhmama, D. (2010). Relation of Formal Education to Moral Judgment Development. The Journal of Psychology, 155–158.
Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal SAINTIKOM, 15(01), 53–68. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2095
Effendi, R., & Rudi Setiawan, H. (2022). Manajemen Program Bahasa Arab Di Mts Nurul Islam. Edumaniora : Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 01(02), 139–150.
Faiqah, N. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 2 Playen Yogyakarta). Jurnal Al-Tafkir, X(1), 64–85.
Hanifah, H., & Amalia, F. (2018). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pos Paud Dahlia 15. Jurnal COMM-EDU, 1(3), 24–29.
Junaidi, & Mulianah, B. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Tamatan Sekolah Dasar (SD) Di Pondok Pesantren Yusuf Abdustar. Ijert, 1(2), 7 15.
http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Lilik Nofijantie. (2013). Peran Lembaga Pendidikan Formal sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. 2947–2970.
Mar, N. A., & Hilmi, D. (2021). Manajemen program pembelajaran bahasa Arab pada anak prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin di Kendari. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36943
Marzuki. (2012). "Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah". FIS-UNY. Yogyakarta.
Ninoersy, T., Za, T., & Wathan, ; Najmul. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 Pada Sman 1 Aceh Barat. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 05(1), 83– 102. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v5i1.1759
Pusat Bahasa, K. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Raco, J. . (2018). Metode penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Grasindo PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Ristekdikti, P. 1. (2022). Pendidikan Formal. https://lldikti8.ristekdikti.go.id
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi media.
Styabudi, W. (2018). Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam.
Sulandari, S. (2015). Analisis Kinerja Tutor pada Lembaga Pendidikan Non Formal Home Schooling di Kota Semarang. Gema Publica: Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Publik, 1(1), 1–14.
Sungsri, S. (2018). Building the capability of non-formal education teachers to develop a learning society for promoting lifelong education in Thailand. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 10(2), 10-16. Retrieved
Suprijanto, A (2009), Pendidikan oleh Orang Dewasa; dari Teori Hingga Aplikasi, Bumi Aksara, Jakarta UU No.2 tahun 1989, tentang Sistam Pendidikan Nasional
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Terry, George Robert (1956). Principles of Management, University of California
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan: (Formal, Non Formal dan Informal)
Yusuf, Muri (1986). Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia., 62-63
DOI: 10.24235/ibtikar.v13i1.15613
Article Metrics
Abstract view : 10 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dendy Hermawan, Nuril Mufidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â