Pembelajaran Menggunakan Mind Mapping Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA 2

Bagus Amirul Mukmin(1*),


(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Salah satu kesulitan mahasiswa dalam memahami materi konsep dasar IPA 2 adalah karena latar belakang lulusan mahasiswa yang berbeda. Selain itu berdasarkan hasil pretest Konsep Dasar IPA 2, diperoleh data pemahaman materi listrik dan magnet pada konsep dasar IPA 2 masih rendah. Hal ini terlihat dari pemahaman dan hasil belajar pretest mahasiswa mencapai 42% yang masih belum mencapai ketuntasan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar konsep dasar IPA 2 pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas IA program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa dari kegiatan pra-siklus yaitu pretest sebesar 58% dan pada siklus pertama menjadi 64%. Selanjutnya pada siklus kedua mencapai 85% mahasiswa yang telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan mind mapping berbasis lesson study dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 semester II Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kata kunci: mind mapping, lesson study, pemahaman, hasil belajar

 

Abstract

One of the students' difficulties in understanding the basic concept materials of Science Two is because of the difference graduate background of students. Besides, based on pretest result of Basic Concept of Science Two, obtained the understanding of electrical and magnetic material on the basic concept of Science Two  is still poor. It can be seen from the understanding and the results of pretest learning reach 48% students who still have not reached learning completeness. The objective of this study is to improve understanding and learning outcomes of Science Two basic concepts in students. The type of research used is Classroom Action Research (CAR), with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study are students of second semester IA class of  Education Programe Teachers Elementary School of Nusantara PGRI Kediri University. The data of this study are collected by observation and test. The result of the research shows that the improvement of students' understanding and learning result from pre-cycle activity from pretest reaches 58% and becomes 64% in thefirst cycle then up to 85% of students in the second cycle who have reached completeness. Based on the results of the study can be concluded that the implementation of mind mapping based on lesson study can improves students' understanding and  learning outcomes in the basic science concept of the second semester Education Programe Teachers Elementary School of Nusantara PGRI Kediri University.

Keywords: mind map, lesson study, understanding, learning outcomes.


Full Text:

PDF

References


Buzan, T. (2007). Buku Pintar Main Mapp Untuk Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Eksan, B.S. (2015). RPS Konsep Dasar IPA. Universitas Nusantara PGRI Kediri: Prodi PGSD (tidak diterbitkan).

Hapsari, T. S. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Penabur, 16(10).

Melania, S. (2011). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Penabur 16(10).

Nurlaila, F. (2016). Meningkatkan Kompetensi Calon Guru Melalui Kegiatan Microteaching berbasis Lesson Study (LS) Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Efektor 28(01)

Susilo, dkk. (2010). Lesson Study Berbasis MGMP sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru. Malang: Surya Pena Gemilang.

Susilo, H., dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Jatim: Bayu Media




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1725

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com