POLA PENANGANAN STRES DALAM AKTIVITAS BELAJAR (PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING)

masdudi masdudi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Perubahan-perubahan sosial yang cepat sebagai konsekuensi modernisasi mempunyai dampak pada kehidupan. Tidak semua orang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan tersebut sehingga dapat menimbulkan ketegangan atau stres pada dirinya.  Tantangan dunia pendidikan formal saat ini masih terjebak pada pengembangan dan pengutamaan aspek kognitif siswa dengan tujuan agar siswa menjadi manusia cerdas, berprestasi tinggi sehingga dengan mudah akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi favorit mereka. Tantangan tersebut  kemudian diaplikasikan dalam pengutamaan pendidikan ke arah penguasaan iptek, tetapi lemah terhadap pengembangan kepribadian beriman, kreatif, dan memiliki perasaan kemanusiaan serta daya tanggap. Dengan begitu, sejak dini segala upayadilakukan oleh pihak sekolah maupun orang tua untuk menggiring anak-anaknyaagar mampu menyerap semua pengetahuan yang diajarkan. Kadang-kadang, siswa diberi pelajaran tambahan sehingga sering membuat jenuh dan frustasi karena mereka tidak mempunyai pilihan lain, kecuali belajar dan menghafal yang akhirnnya mengalami stres dalam kegiatan belajarnya.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afifuddin. 2010. Bimbingan & Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Bahri, Syaiful Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastaman, H.D. 2007.Bastaman, H.D. Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Bandung: Logoterapi.

Darmansyah.2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi &MikeHernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terj. Alawiyah A. Bandung: Kaifa.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hidayat, Taufik. 2011. “Hand Out Psikologi Umum”.Diktat Perkuliahan STAI Darul Ulum, Kandangan.

Masdudi. 2012. “Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah”. Jurnal AlTarbiyah.

Nasrudin, Endin. 2010. Psikologi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahmat, Dede Hidayat. 2013. Bimbingan Konseling Kesehatan Mental di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan & Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Surya, Mohammad. 1994. Bunga Rampai Psikologi Manajemen.Bandung:Ilham Jaya.

Winkel, W. S. 1994. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yusuf, Syamsu. 2006. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i2.657

Article Metrics

Abstract view : 385 times
PDF - 367 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon