IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL

masdudi masdudi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Terjadi sesuatu yang sangat mengejutkan terhadap perilaku sosial akhir-akhir ini yang mencuat sebagai perilaku negatif dikalangan remaja, masih banyak tindakan–tindakan amoral yang dilakukan para pelajar, masih banyak para orang tua yang resah akan pergaulan anak–anaknya dan masih sering dilakukan tindakan–tindakan nondisipliner siswa-siswa terhadap peraturan sekolah. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap tindakan–tindakan amoral yang dilakukan para pelajar adalah penghayatan akan ajaran–ajaran agama yang rendah. Banyak para remaja yang menjauhi ajaran–ajaran agama dan hal ini disebabkan minimnya pendidikan agama yang diberikan terutama oleh orang tua. Agama hanya dikenal melalui pelajaran di sekolah saja dan tidak ada penekanan untuk melaksanakan atau mengimplementasikan ajaran–ajaran agama sehingga para pelajar tidak punya pegangan hidup dan mudah terbawa arus modernisasi. Keberadaan layanan bimbingan dan konseling yang memberikan penekanan pada faktor agama dalam sistem pendidikan sangatlah menunjang kegiatan pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan. Layanan bimbingan dan konseling dalam sistem pendidikan bertujuan agar peserta didik dapat menemukan dirinya, mengenal dirinya dan mampu merencanakan masa depannya sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal menjadi pribadi yang utuh dan mandiri.

Kata Kunci: Perilaku Sosial, Bimbingan Konseling


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abin Syamsuddin Makmun, 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Achmad Juntika Nurihsan, 2006, Bimbingan & Konseling dalam berbagai latar kehidupan, Bandung: PT. Refika Aditama.

M. Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moh. Surya, 2003, Psikologi Konseling, Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Martinis Yamin, 2006. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nana Syaodih Sumadinata, 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pupuh Fatuhurrahman, 2000. Alternatif Sistem Pendidikan Terpadu Abad XXI, Bandung: Tunas Nusantara.

Ramayulis, 2002, Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Sardiman, AM, 1999. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Tulus Tu‘u, 2004, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi siswa, Jakarta: Grasindo.

W.S. Winkel, 1994. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: 10.24235/edueksos.v1i1.366

Article Metrics

Abstract view : 488 times
PDF - 3929 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon