MENELAAH TEORI KRITIS JÜRGEN HABERMAS

Iwan Iwan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 Banyak pemikir menyalahkan bahwa usaha-usaha yang didasarkan pada semangat Pencerahan untuk mencari kebenaran dan rasio universal atas nama kebebasan dapat membawa pada penyingkiran dan penekanan terhadap paradigma pikir yang lain. Efek negatif semangat pencerahan yang mendorong eksploitasi alam dan penindasan manusia memang dapat dibaca sebagai ‘bencana’, namun ‘jiwa murni’ dari pencerahan, sebagaimana dibaca dengan jernih oleh Habermas, adalah emansipasi. Teori besar Habermas berbicara tentang kolonisasi dunia-hidup oleh sistem, dan halangan komunikasi yang bebas dan terbuka. Dunia hidup adalah kenyataan komunikasi keseharian. Sistem bersumber pada dunia hidup, namun kemudian mengembangkan strukturnya sendiri yang tumbuh semakin berjarak dan terpisah dari dunia hidup. Sekalipun terdapat persoalan ‘ontoepistemis’ yakni terkait dengan ‘ketidakmungkinan’ bahwa partisipan dalam argumen dapat secara lengkap menghilangkan kepentingan pribadi, pemikiran kritis tetaplah produktif dalam usaha mereka untuk membawa unsur-unsur tak terkatakan dari pemikiran ke dalam realitas pertimbangan dan diskursus. Terdapat beberapa masalah yang masih terbuka, termasuk tuduhan ‘inkonsistensi’ Habermas terhadap ‘semangat emansipatoris’ yang muncul dalam Between Facts and Norms. Juga beberapa isu tentang globalisme dan identitas budaya.

Kata Kunci : Teori Kritis, Jürgen Habermas, Emansipasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bernstein, Richard J., ed. 1991. Habermas and Modernity, The MIT Press, Cambridge, Massachusetts Christman.

John. 2002. Social and Political Philosophy, A contemporaryintroduction, Routledge, London & New York.

Endres, Ben. 1996. Habermas and Critical Thinking, http: //www.ed.uiuc. edu/EPS-Yearbook/96_docs/endres.html.

Habermas, Jürgen. 1971. Knowledge and Human Interest (asli: 1968, ‘Erkenntnis und Interesse, transl. by Jeremy J. Saphiro), Beacon Press, Boston.

Habermas, Jürgen. 1973. Theory and Practice (asli: 1971, ‘Theorie und Praxis’, transl by John Viertel), Polity Press, Cambridge.

Habermas, Jürgen. 1984. The Theory of Communicative Action, Volume One: Reason and Rationalization of Society (asli: 1981, ‘Theorie des Kommunikativen Handelns, Band I: Handlungsrationalität und gesellshaftliche Rationalisierung’, transl by Thomas McCarthy), Beacon Press, Boston.

Habermas, Jürgen. 1990. Moral Consciousness and Communicative Action (asli: 1983, ‘Moralbewusstsein und kommunikativen Handeln’, transl by Christian Lenhart & Shierry Weber Nicholson, introduction by Thomas McCharty), Polity Press, Cambridge.

Habermas, Jürgen. 1998. Between Facts and Norms: Contributions to a Discourse Theory of Law and Democracy (asli: 1992, ‘Faftizität und Geltung: Beitrage Zur Diskurstheorie Des Rechts und Des Demokratischen Rechtsstaats’, transl and introduction by William Regh), MIT Press, Cambridge.

Habermas, Jürgen. 2001. The Liberating Power of Symbols, Philosophical essays, Polity Press, Cambridge.

Held, David. 1980. Introduction to Critical Theory, Horkheimer to Habermas, University of California Press, Berkeley.

Heath, Joseph. 2003. Communicative Action and Rational Choice, MIT Press, Cambridge.

Howe, Leslie, A. 2000. On Habermas, Wadsworth/Thomson Learning, Belmont Marsh, James L., 2001, Unjust Legality, A Critique of Habermas’s philosophy of law, Rowman & Littlefoeld, Lahman.

McCarthy, Thomas. 1978. The Critical Theory of Jürgen Habermas, The MIT Press, London.

Miller, Katherine. 2002. Communications Theories: Perspectives, Processes, and Contexs, McGraw Hill, Boston.

Ritzer, George. 2003. Contemporary Sociological Theory and Its Classical Roots, The Basics, McGraw Hill, Boston.




DOI: 10.24235/edueksos.v3i2.360

Article Metrics

Abstract view : 773 times
PDF - 2160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon