PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER DEMOKRATIS PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON

Tantri Rahmawati(1*), Suniti Hj(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter demokratis peserta didik,  mengetahui usaha guru IPS untuk mengatasi kendala dalam membangun karakter demokratis peserta didik dan mengetahui peran guru IPS dalam membangun karakter demokratis kelas IX di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Pembangunan karakter peserta didik merupakan tanggung jawab semua guru, terutama profesionalisme guru IPS sangat penting dalam menerapkan pendidikan karakter baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga peserta didik memiliki karakter demokratis dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbentuk deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan tentang peran guru IPS dalam membangun karakter demokratis peserta didik kelas IX di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Responden dalam penelitian ini  adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru IPS dan peseerta didik kelas IX. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap karakter demokratis adalah sebagai sistem pemerintahan. Karakter demokratis peserta didik dapat terlihat pada saat pembelajaran di kelas, pemilihan ketua OSIS dan dalam pergaulan dengan teman sebaya. Usaha guru dalam mengatasi kendala tersebut dengan memberikan bimbingan kepada peserta didik serta konsisten menerapkan peraturan sekolah. Peran guru IPS dalam membangun karakter demokratis peserta didik adalah guru sebagai teladan, pendidik, pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar, mediator dan fasilitator, administrator, serta evaluator. Kesimpulan, guru IPS telah optimal dalam melaksanakan perannya sebagai seorang guru dalam membangun karakter demokratis peserta didik.

 

Kata Kunci: Peran, guru IPS, demokratis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Cet. 13. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Imam. Cet.3. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas. Ed.3. cet. 3. 2013. Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. Cet.29. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito, Wirawan. Cet. 16. 2013. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. Cet. 26. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Endah. 2012. Impelentasi Kurikulum Pendidikan Karakter (Dilengkapi Cara Penyusunan dan Contoh Dokumen KTSP, Silabus, dan RPP Integrasi Nilai Budaya dan Karakter Bangsa). Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Trianto. Cet.2. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) (UU RI No. 20 Th. 2003). Cet. 4. 2011. Jakarta: Sinar Grafika.

Winarno. 2007. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zubaedi. Cet. 3. 2013. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta. Kencana.




DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.3159

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon