PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PLURALIS SISWA DI MTsN BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

wardatul baldah(1*), cecep sumarna(2), bambang yuniarto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara yang majemuk. Keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia mengakibatkan banyaknya perbedaan seperti, budaya, adat istiadat, agama, bahasa, ras, suku dan lain sebagainya. Kita tinggal di negara yang majemuk harus mampu menghargai adanya perbedaan yang sangat banyak yang kemungkinan besar akan menimbulkan konflik dan perpecahan yang hanya berlandaskan emosi diantara individu masyarakat. Oleh karena itu dalam pendidikan dibutuhkan penanaman nilai-nilai multikultural melalui proses pembelajaran agar dapat membentuk sikap pluralis siswa.

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh data tentang nilai-nilai multikultural, sikap pluralis siswa serta pengaruh penanaman nilai-nilai mulikultural terhadap sikap pluralis siswa di MTsN Babakan Ciwaringin kabupaten Cirebon.

Penelitian ini didasarkan dengan pemikiran bahwa penanaman nilai-nilai multikultural dapat membentuk sikap pluralis siswa. Nilai-nilai multikultural ditanamkan oleh guru melalui proses pembelajaran. Sehingga siswa dapat menerima dan menghargai adanya suatu perbedaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN Babakan Ciwaringin Cirebon yang berjumlah 585 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive cluster sampling, yang diperoleh dari siswa kelas VII G dan VII H dengan jumlah 42 siswa. Analisis dalam penelitian menggunakan teknik prosentase, selain itu dilakukan uji validitas, reabilitas, uji normalitas, linearitas, korelasi product moment, analisis regresi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil perhitungan Koefisien Korelasi Product Moment diketahui bahwa kortelasi antara variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 0,702, berarti korelasi antara kedua item tersebut bersifat signifikan dengan taraf korelasi 0,60 - 0,799 atau pada rentang korelasi kuat. Sedangkan hasil dari uji hipotesis diperoleh hasil Sig. 0,000 < 0,05 artinya penanaman nilai-nilai multikultural memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan sikap pluralis siswa yang berkategori hubungan kuat.

 

Kata Kunci: Nilai-nilai multikultural, pembentukan sikap, pluralis siswa


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali Maschan Moesa. 2007. Nasionalisme Berbasis Plural. Yogyakarta: LkiS.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Calhoun, J, F, & Accocella, J, R. 1990. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Choirul Mahfud. 2011. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cornelius Trihendradi. 2008. Step by step SPSS 16 Analisis Statistik. Yogyakarta: ISBN.

Djaali dan Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Farida Hanum dan Setya Raharja. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Menggunakan Modul sebagai Suplemen Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.

Gerungan. 1998. Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco.

Husaini Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Imam Subkhan. 2007. Hiruk Pikuk Wacana Pluralisme di Yogyakarta. Yogyakarta: Kanisius.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Karnoto. 1996. Mengenal Analisis Tes (pengantar ke Program Komputer Anates). Bandung: Jurusan Psikologi dan Bimbingan IKIP.

Maemunah. 2007. Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam . skripsi. UIN Sunan Kalijaga-Yogyakarta.

Mahfud Choirul. 2011. Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Yusri FM. 2008. Prinsip Pendidikan Multikulturalisme dalam Ajaran Agama-agama di Indonesia. Jurnal Kependidikan Islam Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pustaka.

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muthoharoh. 2011. Nilai-nilai Pendidikan Pluralisme dalam Fil My Name is Khan (Tinjauan Materi dan Metode dari Perspektif Pendidikan Agama Islam). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga-Yogyakarta.

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rully Indrawan. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rusmini Tumanggor.2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saefudin Azwar. 1997.Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta: PustakaPelajar.

Sanafiah Faisal. 1990. Penelitian Kualitatif : Dasar-dasar dan Aplikasi. Malang: YA3.

Silalahi, U. (2006). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Somantri Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Subana dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rja Grafindo Persada.

Sumartana, dkk. 2001. Pluralisme, Konflik dan Pendidikan Agama di Indonesia. Yogyakarta: Interfidei.

Supardi, M.d. 2006. Metode Penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.

Sutopo, HB. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Syamsul Ma’arif. 2005. Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Yogyakarta: Logung.

Syofian Siregar. 2010. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

W.A. Gerungan. 1988. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.

Zaim Elmubarok. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV. Alfabeta.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

http://diarru.multiply.com/journal/item/45/Pluralisme

http://risgalutfi.blog.ugm.ac.id/2010/10/05/multikultur/&ei.html

http://hayulinda.blogspot.co.id/2012/03/headline-sansa-edisi-11.html




DOI: 10.24235/edueksos.v5i1.1117

Article Metrics

Abstract view : 1155 times
PDF - 3085 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon