PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY BERBASIS IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMA NEGERI 6 CIREBON
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Proses belajar tidak hanya mengembangkan kemampuan otak kiri (kognitif) saja melainkan harus mengembangkan kemampuan otak kanan (rasa, empati dan emosi) sehingga kerja otak kiri dan otak kanan seimbang untuk menghasilkan hasil belajar yang baik yaitu dengan diterapkannya metode guided discovery berbasis IMTAQ. Untuk itu perlu suatu penelitian dengan tujuan untuk mengkaji aktivitas belajar dan nilai relligius siswa yang diterapkan metode guided discovery berbasis IMTAQ,untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan metode guided discovery berbasis IMTAQ dengan yang tidak diterapkan metode guided discovery berbasis IMTAQ, dan untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan metode guided discovery berbasis IMTAQ. Dengan metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwapPenerapan metode guided discovery berbasis IMTAQ dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kriteria baik dan tingkat kerelligiusan yang bagus mengenai penciptaan alam semesta khususnya ekosistem. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Respon siswa terhadap penerapan metode guided discovery berbasis IMTAQ yaitu positif dengan kriteria sangat kuat.
Â
Kata Kunci: Metode guided discovery, Pembelajaran berbasis IMTAQ.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. UU Nomor 23 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Pasal 3. Jakarta.
Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy Dan Mental Vocation Skill. Yogyakarta : Diva Press.
Mulyadi. 2009. Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN Malang Press.
Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfebeta.
Putra, Rizema Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jember: Diva Press.
Wahidin. 2006. Metode pendidikan pengetahuan alam. Bandung: Sangga Buana.
Yudiyanto, Suroso Adi. 2005. Manajemen Alam (SAINS) Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera.
DOI: 10.24235/sc.educatia.v3i1.550
Article Metrics
Abstract view : 849 timesPDF - 911 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)