Transformasi Pedagogik sebagai Alat untuk Menghilangkan Stereotip Gender di Lembaga Pendidikan

Dayanti Indriani(1*), Mikdadul Akmal(2), Riza Amrulloh(3), Muhamad Imam Sanusi(4),


(1) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(2) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(3) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(4) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas transformasi pedagogik sebagai strategi untuk menghilangkan stereotip gender dalam lembaga pendidikan. Stereotip gender, yang sering kali memperkuat ketidakadilan struktural, menjadi penghambat dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Melalui metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana pendekatan pedagogik berbasis kesetaraan gender dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Transformasi ini melibatkan penguatan kompetensi guru, pengembangan kurikulum yang responsif gender, serta kebijakan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kesetaraan gender tidak hanya mendukung pencapaian SDG 4 dan 5, tetapi juga mendorong perubahan budaya pendidikan yang menghormati keberagaman dan keadilan. Dengan penerapan strategi yang komprehensif, lembaga pendidikan dapat menjadi agen perubahan sosial dalam membangun masyarakat yang bebas dari bias gender.

Kata kunci : Transformasi Pedagogik, Stereotip Gender, Pendidikan Inklusif, Kesetaraan Gender, SDG.


Full Text:

PDF

References


Achmad, S. (2019). Membangun Pendidikan Berwawasan Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70–91. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2843

Al-Tadzkiyyah. (2015). Kemajuan, Terhadap Pendidikan, Ilmu Teknologi, D A N. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 106–117. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1487/1221

Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi pedagogik guru sma di indonesia: sebuah systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481–3496. https://jurnaldidaktika.org

Candra, R., Sari, P. S., & Nuansa, A. G. (2023). Stereotip Gender Pada Profesi Guru Tari Laki-Laki di Lingkungan Pendidikan Formal. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 28–40.

Gunawan, I, Ahmad Khaerurozi, and Syamsul Maarif. (2021) “Persepsi Mahasiswa Mengenai Isu Kesetaraan Gender dalam Mempelajari Bidang Filsafat.” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak 3(1), 38-50. DOI: 10.24235/equalita.v3i1.8176.

Jamiin. (2019). Kompetensi Pedagogik Dan Sosial Guru Kelas Dalam Pendidikan Inklusi Di Sdn Balirejo Yogyakarta. Journal Fitrah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima, 10(2), 1–16.

Khairi, A., Giatman, M., Maksum, H., Jalinus, N., & Abdulah, R. (2023). Menghilangkan Stereotipe Gender Kepemimpinan Perempuan Di Fakultas Kegiatan Dan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2451. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1689

Kurniawan, F., & Kusumaningtyas, Y. (2022). Ikatan Sosiologi Indonesia Malang Raya Dan Sekitarnya Patriarkhisme Dan Praktik Ketidakadilan Gender Pada Lembaga Pendidikan. JSI Jurnal Sosiologi Indonesia, 1(1), 1–11.

No, V., Desember, J., Dwi, C., Prawita, F., & Putri, D. (2024). Peran Pendidikan Dalam Mengurangi Kesenjangan Gender Di Tempat Kerja. 2(1), 531–537.

Oktaviani, I., Elanda, Y., Alie, A., & Prastiyo, E. B. (2024). Pendidikan Inklusif Gender sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di Pondok Pesantren. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 18(1), 43–54. https://doi.org/10.24815/jsu.v18i1.39499

Thoriquttyas, T. (2018). Segregasi Gender Dalam Manajemen Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.287-314

Ulya, I. (2012). Pendidikan Berbasis Kesetaraan Gender. Jurnal JIE, 1(2), 309–336.

Vazriyansyah, M., Hadi, F. R., Lestarika, D. P., Hukum, F., Bengkulu, U., Akses, H., & Perempuan, P. (2024). pembuat kebijakan dan lembaga yang fokus pada pemberdayaan. 7(4).




DOI: 10.24235/equalita.v6i1.19441

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

                

      


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.