Transformasi Pedagogik sebagai Alat untuk Menghilangkan Stereotip Gender di Lembaga Pendidikan
(1) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(2) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(3) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(4) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kata kunci : Transformasi Pedagogik, Stereotip Gender, Pendidikan Inklusif, Kesetaraan Gender, SDG.
Full Text:
PDFReferences
Achmad, S. (2019). Membangun Pendidikan Berwawasan Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70–91. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2843
Al-Tadzkiyyah. (2015). Kemajuan, Terhadap Pendidikan, Ilmu Teknologi, D A N. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 106–117. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1487/1221
Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi pedagogik guru sma di indonesia: sebuah systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481–3496. https://jurnaldidaktika.org
Candra, R., Sari, P. S., & Nuansa, A. G. (2023). Stereotip Gender Pada Profesi Guru Tari Laki-Laki di Lingkungan Pendidikan Formal. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 28–40.
Gunawan, I, Ahmad Khaerurozi, and Syamsul Maarif. (2021) “Persepsi Mahasiswa Mengenai Isu Kesetaraan Gender dalam Mempelajari Bidang Filsafat.” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak 3(1), 38-50. DOI: 10.24235/equalita.v3i1.8176.
Jamiin. (2019). Kompetensi Pedagogik Dan Sosial Guru Kelas Dalam Pendidikan Inklusi Di Sdn Balirejo Yogyakarta. Journal Fitrah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima, 10(2), 1–16.
Khairi, A., Giatman, M., Maksum, H., Jalinus, N., & Abdulah, R. (2023). Menghilangkan Stereotipe Gender Kepemimpinan Perempuan Di Fakultas Kegiatan Dan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2451. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1689
Kurniawan, F., & Kusumaningtyas, Y. (2022). Ikatan Sosiologi Indonesia Malang Raya Dan Sekitarnya Patriarkhisme Dan Praktik Ketidakadilan Gender Pada Lembaga Pendidikan. JSI Jurnal Sosiologi Indonesia, 1(1), 1–11.
No, V., Desember, J., Dwi, C., Prawita, F., & Putri, D. (2024). Peran Pendidikan Dalam Mengurangi Kesenjangan Gender Di Tempat Kerja. 2(1), 531–537.
Oktaviani, I., Elanda, Y., Alie, A., & Prastiyo, E. B. (2024). Pendidikan Inklusif Gender sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di Pondok Pesantren. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 18(1), 43–54. https://doi.org/10.24815/jsu.v18i1.39499
Thoriquttyas, T. (2018). Segregasi Gender Dalam Manajemen Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.287-314
Ulya, I. (2012). Pendidikan Berbasis Kesetaraan Gender. Jurnal JIE, 1(2), 309–336.
Vazriyansyah, M., Hadi, F. R., Lestarika, D. P., Hukum, F., Bengkulu, U., Akses, H., & Perempuan, P. (2024). pembuat kebijakan dan lembaga yang fokus pada pemberdayaan. 7(4).
DOI: 10.24235/equalita.v6i1.19441
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.