FILSAFAT POSITIVISME DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA PERANNYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA

Surawardi Surawardi(1), Ahmad Riyadh Maulidi(2*),


(1) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Filsafat merupakan usaha seseorang untuk mengetahui segala sesuatu yang berawal dari rasa ingin tahu dan sikap ragu. Rasa ingin tahu dan sikap ragu inilah yang kemudian memunculkan teori-teori ilmiah yang pada akhirnya akan berkembang menjadi sebuah ilmu pengetahuan. Seiring dengan perkembangan pemikiran manusia, sampailah pada pemikiran bahwa satu-satunya sumber ilmu pengetahuan adalah alam yang realistis. Pengetahuan harus bersumber dari hal-hal faktual yang bersifat empiris. Aliran ini disebut dengan aliran filsafat positivisme. Hal-hal faktual yang mendapat kedudukan besar oleh aliran ini menarik bagi peneliti untuk mengkaji lebih lanjut bagaimana peran aliran filsafat positivisme dalam perkembangan ilmu pengetahuan sekaligus kontribusinya terhadap pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat positivisme memiliki peran yang sangat besar terhadap perkembangan ilmu di zaman modern. Peran tersebut juga dirasakan oleh dunia pendidikan, misalnya perannya dalam perkembangan kurikulum pendidikan, metode pembelajaran dan lahirnya studi keislaman dengan pendekatan ilmiah.

Keywords


Filsafat Positivisme; Ilmu; Peran; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran.†In Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7–8. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2008.

Arifin, Lalu M. Syamsul. “Filsafat Positivisme Aguste Comte Dan Relevansinya Dengan Ilmu-Ilmu Keislaman.†Jurnal Imu-Ilmu Sosial 12, no. 2 (2020): 69.

Ayub, Mohd Nasir, Muhammad Azizan Sabjan, and Mohd Marbawi Taha. “Amalan Berpikir Dalam Islam Dan Hubungannya Dengan Ilmu Dan Pendidikan.†In Social Sciences Postgraduate International Seminar (SSPIS), 238, 2014.

Biyanto. Filsafat Ilmu Dan Ilmu Keislaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Chalik, Abdul. Filsafat Ilmu: Pendekatan Kajian Keislaman. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2015.

Comte, August. The Catechism of Positive Religion. London: John Chapman, 1858.

Comte, Auguste. The Positive Philosophy of Auguste Comte. New York: Calvin Blanchard, 1858.

Fauzi, Amin. “Integrasi Dan Islamisasi Ilmu Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 7.

Fillafer, Franz L., Johannes Feichtinger, and Jan Surman. “Introduction: Particularizing Positivism.†In The Worlds of Positivism: A Global Intellectual History, 1770-1930, 6. Switzerland: Springer International Publishing, 2018.

Halimah, Siti. “Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).†MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 33, no. 1 (2009): 129.

Helmi, Muhammad, and Sovia Rahmaniah. “Pandangan Filosofis Dan Teologis Tentang Hakikat Ilmu Pengetahuan Sebagai Landasan Pendidikan Islam.†Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 2 (2020): 38.

Idris, Saifullah, and Fuad Ramly. Dimensi Filsafat Ilmu Dalam Diskursus Integrasi Ilmu. Aceh: Darussalam Publishing, 2016.

Istikhomah, Radenra Imro’atun, and Abdul Wachid BS. “Filsafat Sebagai Landasan Ilmu Dalam Pengembangan Sains.†Jurnal Filsafat Indonesia 4, no. 1 (2020): 62.

Jurnal Pendidikan Dwija Utama. “Jurnal Pendidikan Dwija Utama.†Sang Surya Media, 2018.

Karmillah, Imroati. “Filsafat Positivisme Dan Pendidikan Islam Di Indonesia.†Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 181–82.

Kholifah, Nur. “Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013: Studi Analisis Berdasarkan Paradigma Positivistik.†Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 17.

Lismina. Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Ponorogo: Uwais, 2018.

Mariyaningsih, Nining, and Mistina Hidayati. Bukan Kelas Biasa: Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher, 2018.

Muslih, Mohammad. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar, 2004.

Nugraha, Rizky. Filsafat Ilmu. Jambi: Pustaka Ma’arif Press, 2017.

Nugroho, Irham. “Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains.†Jurnal Studi Islam 11, no. 2 (2016): 172.

Passmore, J. A. “Logical Positivism (I).†The Australasian Journal of Psychology and Philosophy 21, no. 2 and 3 (1943): 65.

Pinangkaan, Allesandro. “Realita Hubungan Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan: Sebuah Tinjauan Filosofis,†2014.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: Sarnu Untung, 2020.

Polifroni, E. Carol. “Philosophy of Science: An Introduction.†In Philosophies and Theories for Advanced Nursing Practice, 4. Canada: Jones & Bartlett Learning, 2011.

Ridha, Nikmatur. “Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian.†Jurnal Hikmah 14, no. 1 (2017): 67.

Sabda, Syaifuddin. Pengembangan Kurikulum (Tinjauan Teoritis). Yogyakarta: Aswaja, 2016.

Samekto, FX. Adji. “Menggugat Relasi Filsafat Positivisme Dengan Ajaran Hukum Doktrinal.†Jurnal Dinamika Hukum 12, no. 1 (2012): 79.

Siregar, Parluhutan. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah.†Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38, no. 2 (2014): 341.

Sofyan, Ayi. Kapita Selekta Filsafat. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Suparto. “Positivisme: Menyakralkan Yang Porofan Dan Memrofankan Yang Sakral?†In Proseeding Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, & Sipil, 16, 2009.

Wahid, Abd. “Korelasi Agama, Filsafat Dan Ilmu.†Jurnal Substantia 14, no. 2 (2012): 229.




DOI: 10.24235/jy.v8i1.9771

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â