FILSAFAT POSITIVISME DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA PERANNYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA
(1) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran.†In Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7–8. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2008.
Arifin, Lalu M. Syamsul. “Filsafat Positivisme Aguste Comte Dan Relevansinya Dengan Ilmu-Ilmu Keislaman.†Jurnal Imu-Ilmu Sosial 12, no. 2 (2020): 69.
Ayub, Mohd Nasir, Muhammad Azizan Sabjan, and Mohd Marbawi Taha. “Amalan Berpikir Dalam Islam Dan Hubungannya Dengan Ilmu Dan Pendidikan.†In Social Sciences Postgraduate International Seminar (SSPIS), 238, 2014.
Biyanto. Filsafat Ilmu Dan Ilmu Keislaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Chalik, Abdul. Filsafat Ilmu: Pendekatan Kajian Keislaman. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2015.
Comte, August. The Catechism of Positive Religion. London: John Chapman, 1858.
Comte, Auguste. The Positive Philosophy of Auguste Comte. New York: Calvin Blanchard, 1858.
Fauzi, Amin. “Integrasi Dan Islamisasi Ilmu Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 7.
Fillafer, Franz L., Johannes Feichtinger, and Jan Surman. “Introduction: Particularizing Positivism.†In The Worlds of Positivism: A Global Intellectual History, 1770-1930, 6. Switzerland: Springer International Publishing, 2018.
Halimah, Siti. “Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).†MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 33, no. 1 (2009): 129.
Helmi, Muhammad, and Sovia Rahmaniah. “Pandangan Filosofis Dan Teologis Tentang Hakikat Ilmu Pengetahuan Sebagai Landasan Pendidikan Islam.†Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 2 (2020): 38.
Idris, Saifullah, and Fuad Ramly. Dimensi Filsafat Ilmu Dalam Diskursus Integrasi Ilmu. Aceh: Darussalam Publishing, 2016.
Istikhomah, Radenra Imro’atun, and Abdul Wachid BS. “Filsafat Sebagai Landasan Ilmu Dalam Pengembangan Sains.†Jurnal Filsafat Indonesia 4, no. 1 (2020): 62.
Jurnal Pendidikan Dwija Utama. “Jurnal Pendidikan Dwija Utama.†Sang Surya Media, 2018.
Karmillah, Imroati. “Filsafat Positivisme Dan Pendidikan Islam Di Indonesia.†Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 181–82.
Kholifah, Nur. “Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013: Studi Analisis Berdasarkan Paradigma Positivistik.†Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 17.
Lismina. Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Ponorogo: Uwais, 2018.
Mariyaningsih, Nining, and Mistina Hidayati. Bukan Kelas Biasa: Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher, 2018.
Muslih, Mohammad. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar, 2004.
Nugraha, Rizky. Filsafat Ilmu. Jambi: Pustaka Ma’arif Press, 2017.
Nugroho, Irham. “Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains.†Jurnal Studi Islam 11, no. 2 (2016): 172.
Passmore, J. A. “Logical Positivism (I).†The Australasian Journal of Psychology and Philosophy 21, no. 2 and 3 (1943): 65.
Pinangkaan, Allesandro. “Realita Hubungan Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan: Sebuah Tinjauan Filosofis,†2014.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: Sarnu Untung, 2020.
Polifroni, E. Carol. “Philosophy of Science: An Introduction.†In Philosophies and Theories for Advanced Nursing Practice, 4. Canada: Jones & Bartlett Learning, 2011.
Ridha, Nikmatur. “Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian.†Jurnal Hikmah 14, no. 1 (2017): 67.
Sabda, Syaifuddin. Pengembangan Kurikulum (Tinjauan Teoritis). Yogyakarta: Aswaja, 2016.
Samekto, FX. Adji. “Menggugat Relasi Filsafat Positivisme Dengan Ajaran Hukum Doktrinal.†Jurnal Dinamika Hukum 12, no. 1 (2012): 79.
Siregar, Parluhutan. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah.†Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38, no. 2 (2014): 341.
Sofyan, Ayi. Kapita Selekta Filsafat. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Suparto. “Positivisme: Menyakralkan Yang Porofan Dan Memrofankan Yang Sakral?†In Proseeding Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, & Sipil, 16, 2009.
Wahid, Abd. “Korelasi Agama, Filsafat Dan Ilmu.†Jurnal Substantia 14, no. 2 (2012): 229.
DOI: 10.24235/jy.v8i1.9771
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By :Â
           ÂEditorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.Â
Â