STRATEGI PENDIDIKAN TERBUKA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA BAGI NARAPIDANA ANAK DALAM LEMBAGA PEMASYARAKATAN
(1) Universitas Islam Nusantara Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Bentuk pembinaan yang dilakukan oleh lembaga pemasyarakatan khusus anak perlu mendapatkan apresiasi yang positif, tetapi juga dilakukan evaluasi secara konsisten, jangan sampai lembaga pemasyarakatan sebagai tempat pembinaan untuk menjadi manusia siap kembali kemasyarakat tapi justru menjadi tempat mendapatkan pembelajaran yang baru dalam melakukan tindak kejahatan. tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembinaan; menganalisis masalah-masalah dan mengetahui solusi dan upaya perbaikan dari pelaksanaan program pembinaan andikpas. Simpulan dari penelitian ini adalah lembaga pemasyarakatan khusus anak Sukamiskin Bandung sudah melakukan pembinaan yaitu memberikan pengoyoman kepada anak didik pemasyarakatan agar menjadi manusia yang lebih baik, melalui program pembinaan baik yang bersifat umum maupun yang khusus melalui pendidikan SMP Terbuka; permasalahan yang ditemukan kurangnya umpan balik dari anak didik pemasyarakatan dalam proses pembelajaran, tingkat kehadiran para pengajar dalam memberikan pembelajaran, ditambah ketersediaan sarana dan prasarana penunjang; solusi yang dilakukan memberikan motivasi kepada anak didik pemasyarakatan untuk mengikuti pembinaan yang dilakukan khususnya dalam pendidikan; kerjasama dengan berbagai pihak; motivasi dan dukungan kepada segenap pengajar untuk mempertahankan kualitas pembelajarannya; memaksimalkan sarana dan prasana yang tersedia. Rekomendasi yang diberikan bagi anak didik pemasyarakatan diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengubah dirinya sendiri dari sifat dan perilaku negatif dibarengi dengan mengikuti program pembinaan yang ada selama dalam lembaga pemasyarakatan; bagi lembaga pemasyarakatan diharapkan dapat meningkatkan bentuk pelayanan pembinaan baik dari unsur sarana prasarana maupun dalam program pembinaannya yang dilakukan secara efektif dan kreatif serta berdaya guna; bagi masyarakat diharapkan tidak lagi memberikan penilaian yang negatif kepada mantan narapidana khususnya anak didik pemasyarakatan karena mereka telah mendapatkan pembinaan selama berada dalam lembaga pemasyarakatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyadi, Abdul Aziz. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar Baru, 1991.
Djazuli. Fiqih Jinayah (Upaya Menanggulangi Kejahatan dalam Islam). Jakarta: PT Raja Grafindo, 2000.
Famularsih, Sari, dan Arif Billah. “Pola Pembinaan Keagamaan Anak Jalanan dalam Membentuk Kepribadian.†Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2014): 88–113.
Gunawan, Indra, Sofyan Sauri, dan Ganjar Muhammad Ganeswara. “Internalisasi Nilai Moral melalui Keteladanan Guru pada Proses Pembelajaran di Ruang Kelas.†Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 18, no. 1 (2018).
Hakim, Rahmat. Hukum Pidana Islam (Fiqih Jinayah). Bandung: Setia Pustaka, 2000.
Haryanti, Widya. “Pembinaan Keagamaan Pada Narapidana Anak (Studi Deskriptif Pada Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas III Bandung).†Tarbawi 2, no. 1 (2015): 104.
Nurhasanah, Siti, Achmad Sanusi, Dedi Mulyasana, dan Yosal Iriantara. “Pendidikan Penyaradaran bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Studi Tentang Pembinaan Narapidana Pada Lapas Wanita Dewasa klas IIA Tangerang).†NER 1, no. 1 (2018).
Priyatno, Dwijda. Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara di Indonesia. Bandung: Refika Aditama, 2006.
Rahmat, Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
———. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Siddiq, Sofi Artnisa. “Pemenuhan Hak Narapidana Anak dalam Mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan.†Pandecta 10, no. 1 (2015).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2010.
Sururin. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Tarsono. “Hubungan antara Besarnya Kelompok Kamar Hunian dengan Perilaku Prososial dan Agresi Narapidana.†Universitas Gadjah Mada, 2003.
Utoyo, Marsudi. “Konsep Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan.†Pranata Hukum 10, no. 1 (2015).
Wasitohadi. “Mengembangkan Pendidikan Bermakna di Indonesia dan Implikasi-Implikasinya.†Satya Widya 18, no. 1 (2012): 83–92.
DOI: 10.24235/jy.v7i2.9117
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By :Â
           ÂEditorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.Â
Â