PENGARUH TASAWUF ISLAM DALAM KONSEP KEDAMAIAN UNIVERSAL (SULH-I KULL) SULTAN MUGHAL JALALUDDIN AKBAR
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk melacak pengaruh ajaran dan doktrin tasawuf Islam terhadap konsep pemikiran sulh-I kull yang digagas oleh sultan kerajaan Mughal ke-3, Jalaluddin Muhammad Akbar pondasi dari kebijakan politik-keagamaannya selama ia berkuasa. Akbar tidak saja dikenal karena prestasi militernya yang besar karena semakin memperluas pengaruh kesultanan Mughal di India, tetapi juga karena pemikiran-pemikiran dan kebijakan keagamaannya yang kontroversial. Melalui sulh-I kull, Akbar meyakini bahwa rakyatnya tidak perlu diperlakukan secara berbeda hanya karena perbedaan etnisitas dan agama. Akbar memandang bahwa umat Muslim dan Hindu, juga umat lainnya di India, tidak berhak memonopoli kebenaran dan berbuat zalim kepada orang lain karena alasan perbedaan agama. Untuk memahami bagaimana Akbar menyerap ajaran-ajaran dan doktrin tasawuf falsafi, tulisan ini menggunakan teori konstruktivisme yang memandang bahwa pengetahuan seseorang bisa didapat melalui konstruksi pemikiran yang ia serap dari pengalaman langsung dan pemikiran yang sudah ada. Menggunakan studi pustaka sebagai metode, tulisan ini menemukan kesamaan antara substansi sulh-I kull milik Akbar dan ajaran universal dan egaliter yang diwariskan oleh para tokoh sufi falsafi, khususnya yang terejawantah dalam doktrin wahdah al-wujud. Tulisan ini menemukan bahwa meskipun secara tidak langsung Akbar membaca karya-karya sufi terdahulu, Akbar menyerapnya melalui internalisasi ajaran itu yang ia dapatkan melalui diskusi dan dialog dengan banyak tokoh sufi di masanya. Akbar juga melakukan perenungan-perenungan saat berziarah ke makam ulama-ulama sufi yang berasal dari tarekat Chishtiyah yang memang mewarisi doktrin wahdah al-wujud di wilayah India.
Kata Kunci: Sulh-I Kull, Tasawuf Falsafi, Sultan Akbar
Full Text:
PDFReferences
Abd al-Hayy al-Husni, Abd al-Hayy, Ats-Tsaqafah al-Islamiyah fi al-Hind, Muassasah Hindawi, Kairo, 2014.
Abu al-Fadhl, The Akbarnama of Abu’l Fazl. Jilid. 1. Terj. Inggris oleh H. Beveridge, The Asiatic Society, Calcutta, 2000.
Afifi, Abu al-‘Ala, At-Tashawwuf: ats-Tsaurah ar-Ruhiyah fi al-Islam, Muassasah Hindawi, Kairo, 2020.
Akhtar, Awais, and Nawab, Muhammad Waqas, “Christianity in the Court of Mughal Emperor Akbar (1556-1605 AD).†Journal of Indian Studies, Vol. 5, No.2 (Juli-Desember), 2019.
An-Nimr, Abdul Mun’im, Tarikh al-Islam fi al-Hind, al-Muassasah al-Jami’iyyah li ad-Dirasat wa an-Nasyr wa at-Tauzi’, Beirut, 1981.
As-Sadati, Ahmad Mahmud, Tarikh al-Muslimin fi Syibh al-Qarah al-Hindiyah wa Hadharatihim. Vol. 2, Maktabah al-Adab, Kairo, tanpa tahun.
As-Suyuthi, Jalaluddin, Ad-Dur al-Mantsur fi at-Tafsir bi al-Ma`tsur, Jilid 5, Tahkik Abdullah bin Abdul Muhsin., Markaz Hijr li al-Buhuts, Kairo, 2003.
Asy-Syayyal, Jamaluddin, Tarikh Daulah Abathirah al-Maghul al-Islamiyah fi al-Hin, Maktabah ats-Tsaqafah ad-Diniyah. Port Said, 2001.
At-Taftazani, Abu al-Wafa, Madkhal ila at-Tashawwuf al-Islami, Cet. Ke 3, Dar ats-Tsaqafah li an-Nasyr wa at-Tauzi’, Kairo, 1979.
C.R. Kothari, Research Methodology: Methods and Techniques. Edisi ke.2, New Age International (P)Limited, New Delhi, 2004.
Catrou, Francois, History of the Mogul Dynasty in India From Its Foundation by Tamerlane in the Year 1399 to the Accession of Aurengzebe in the Year 1657, terj. Inggris, J.M. Richardson, London, 1826.
Copland, Ian (dkk), A History of State and Religion in India, Routledge, New York, 2012.
Elliot, Henry Miers, History of India as Told by Its Own Historians. Jilid. 5, Trubner And Co.,London, 1873.
Ernst, Carl W., and Lawrence, Bruce B., Sufi Martyrs of Love: Chishti Sufism in South And Beyond, Palgrave Macmillan, New York, 2002.
Ghodratollahi, Ehsan, “Akbar, the Doctrine of Solh-i-Koll and Hindu-Muslim Relations,†Journal of Religious Thought: A Quarterly of Shiraz University, Winter 2007, No, 21.
Ibnu Arabi, Muhyiddin, Diwan Turjuman al-Asywaq, Dar el-Marefah, Beirut, 2005.
Ibnu Hanbal, Ahmad, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal, Jilid 38, Tahkik Syu’aib al-Arnauth, dkk., Muassasah ar-Risalah, Beirut, 2001.
Massignon, Louis, and Kraus, Paul, Kitab Akhbar al-Hallaj au Munajiyat al-Hallaj. Terj. Arab oleh (?), at-Taakwen, Damaskus, 2006.
Misra. Susheela, Great Masters of Hindustani Music, Hem Publishers Pvt. Ltd., New Delhi, 1981.
Richards, John F., The Mughal Empire, The New Cambridge History of India 1.5, Cambridge University Press, Cambridge, 1993.
Rizvi, Saiyid Athar Abbas, A History of Sufism in India, Jilid. 1, Munshiram Manoharial Publisher Pvt. Ltd. New Delhi, 1987.
Roy, Asim, The Islamic Syncretistic Tradition in Bengal, Princeton University Press, New Jersey, 1983.
Seifert, Kelvin, and Sutton, Rosemary, Education Psychology. Edisi ke-2, The Global Text Project, Zurich, 2009,. Didownload dari http://www.saylor.org/site/wp-content/uploads/2011/04/Educational-Psychology.pdf.
Sharma, Sri Ram, The Religious Policy of the Mughal Emperors, Asia Publishing House, Bombay, 1940.
Smith, Vincent A., Akbar The Great Mogul 1542-1605, Oxford at the Clarendon Press, London, 1917.
Streusand, Douglas E., Islamic Gundpowder Empires: Ottoman, Safavids, and Mughals, Westview Press, Boulder, 2011.
Tarabichi, George, Mu’jam al-Falasifah. Cet. 3, Dar ath-Thali’ah, Beirut, 2006.
Wach, Joachim, The Comparative Study of Religons, Columbia University Press, New York dan London, 1966.
Welch, Stuart Cary, India Art and Culture (1300-1900), The Metropolitan Museum of Art, New York, 1985.
DOI: 10.24235/jy.v7i1.8364
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By :Â
           ÂEditorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.Â
Â