MITOS RELIGIUS YANG TERDAPAT DALAM IKLAN SARUNG MANGGA VERSI MENCARI CALON MENANTU

Lazuardi Fajri Sihrien Ahady(1*), Wakhit Hasim(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Seperti iklan lainnya, versi iklan sarung Mangga mencari calon menantu, menyimpan ideologi tertentu yang digunakan untuk menarik konsumen. Di mana dalam iklan ini ada tanda, petanda dan penanda yang sangat menarik untuk dipelajari. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan karena mengacu pada sumber perpustakaan. Studi ini menggunakan teori analisis mitos semiotik Roland Barthes dan analisis ideologis Louis Althusser. Penelitian ini menjelaskan bahwa versi Sarung Mangga Mencari Calon Menantu memasukkan mitos yang sudah ada di masyarakat, yaitu mitos agama yang ditanamkan dalam produk komoditas, yaitu sarung. Mitos agama yang terkandung dalam iklan terdiri dari banyak tanda dalam iklan yang saling berkelanjutan, yaitu stereotip dalam lajang, dominasi patriarki dan religiusitas dalam sebuah sarung. Ideologi ini direpresentasikan dalam mitos yang melekat pada tanda-tanda dalam iklan dalam bentuk verbal dan nonverbal.

Keywords


iklan, sarung, mitos, ideologi, agama, komoditas, produk.

Full Text:

PDF

References


Althusser, Louis. Ideologi dan Aparatus Ideologi Negara (Catatan-Catatan Investigasi). IndoPROGRESS, 2015.

Arviani, Heidy. “Budaya Global Dalam Industri Budaya: Tinjauan Madzhab Frankfurt Terhadap Iklan, Pop Culture, dan Industri Hiburan” dalamGlobal & Policy, vol. 1, no. 2, Juli - Desember 2013.

Asrofah. “Semiotik Mitos Roland Barthes Dalam Analisis Iklan di Media Massa” dalam Jurnal Sasindo, vol. 2, no. 1, Januari 2014.

Barthes, Roland. Elemen-Elemen Semiologi (Sistem Tanda Bahasa, Hermeneutika, dan Strukturalisme). Yogyakarta: IRCiSoD, 2012.

Barthes, Roland. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2013.

Bunnin, Nicholas dan Jiyuan Yu. The Blackwell Dictionary of Western Philosophy. Oxford: Blackwell Publishing, 2004.

Hadi, Sutirsno. Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset, 1989.

Hussein, Mohammad Zaki. “Ideologi dan Reproduksi Masyarakat Kapitalis” dalam Harian IndoPROGRESS, 11 Januari 2012

Jenks, Chris. Culture (Studi Kebudayaan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013




DOI: 10.24235/jy.v5i2.5710

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.