PEMIKIRAN HABERMAS TENTANG RUANG PUBLIK (Studi Kasus Diskusi Tentang Sampah Perumahan di Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon)

Mohammad Khoirul Anam(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan sampah merupakan masalah umum yang harus diselesaikan oleh seluruh anggota masyarakat. Akan tetapi di masyarakat masih terdapat masyarakat yang menganggap bahwa masalah sampah merupakan masalah pribadi, seperti yang terdapat di masayarakat Buntet. Dengan demikian tujuan penelitian ini dilakukan dengan mempertanyakan tentang bagaimana kesadaran masayarakat, serta konsepsi masyarakat atas ruang publik terhadap permasalahan pengelolaan sampah dengan menerapkan ruang publik Haberamas dalam masalah sampah di desa Buntet. Pada penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan penulis menggunakan suatu pendekatan deskrispi kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa terdapat masyarakat yang menyadari bahwa permasalahan sampah merupakan masalah publik, akan tetapi juga terdapat dari sebagian masyarakat yang masih menganggap bahwa masalah sampah merupakan masalah pribadi. Dari masyarakat yang menyadari bahwa permasalahan sampah merupakan masalah publik, dalam usaha pembentukan ruang publiknya, masyarakat melakukan suatu komunikasi-komunikasi dengan berbagai pihak yang terkait dalam usaha menyelesaikan permasalahan tersebut.

References


Ali, Mahrus dan Elvany, Ayu Izza. 2014. Hukum Pidana Lingkungan.Yogyakarta: UII Press. Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budi Hardiman, F (Ed). 2010. Ruang Publik, Melacak “PartisipasiDemokratis” dari Polis sampai Cyberspace. Yogyakarta: Kanisius.

Budiardjo, Miriam. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Cetakan. V. Jakarta: Gramedia. Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan

Ilmu Sosial Lainnya. Cetakan. VI , Jilid Kedua. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Kulaitatif Kuantitatif, dan Mixed.

Terjemah. Achmad Fawaid. Cetakana. IV Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Habermas, Jurgen. 2007. Teori Tindakan Komunikatif II Kritik atas Rasio Fungsionalis.Terjemahan oleh Nurhadi. dari Theorie des Kommunikativen Handelns, Band II: Zur Kritik der funktionalistischen Vernunft (1981). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Habermas, Jurgen. 2015. Ruang Publik Sebuah Kajian tentang Masyarakat Borjuis.Terjemahan oleh Yudi Santoso. dari The Structural Trnasformation of the Public Sphere: An Inquiry into a Category of Bourgeois Society (1989). Cetakan. V. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Nawawi, Hadari. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Cetakan VIII. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Noor, Juliansyah. 2013. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah.

Cetakan III. Jakarta: Kencana.

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga.

Farida, Ani. 2014. Penerapan Konsep Child Friendly Space pada Ruang Publik Kampung Badran Yogyakarta, Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Yogyakarta.

Jenawi, Billy. 2008. Pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Efektivitas Pengelolaan Sampah di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung, Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Pasundan, Bandung.

Artiningsih, Ni Komang Ayu. 2008. Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus di Sampangan dan Jomblang Kota Semarang), Tesis Program Studi Ilmu Lingkungan, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: 10.24235/jy.v3i2.5476

Article Metrics

Abstract view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Yaqzhan indexed by : 

 

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 Email: yaqzhanjurnal@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License