REINVENTING INDONESIA

A Syatori(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRAK

Sistem politik pada negara-negara pascakolonial saat ini, yang telah dibagun atas dasar kontruksi berfikir berbasis moderisasi, demokratisasi dan liberalisasi justru memunculkan terciptanya sistem politik otoritian yang semakin digdaya. Kontruksi teoritis seharusnya menjadi semacam main reference dalam mengarahkan dan memandu perpolitikan Indonesia. Munculnya konsep negara-bangsa yang pada akhirnya mempersatukan orang-orang Indonesia dari beraneka ragam bahasa, budaya dan etnis ke dalam satu unit politik dan kesadaran akan kesamaan berkembang dalam diri masyarakat Indonesia. Identitas politik yang bernama negara-bangsa ini menginginkan terciptanya suatu bentuk kekuatan dan kekuasaan yang terpusat dan integral demi kepentingan politik bersama. Hal tersebut memunculkan falsafah yang sering dikampanyekan yaitu “Bhineka Tunggal Ika”, ke-Bhinneka-an dipandang sebagai hal yang harus dilampaui untuk mencapai yang Tunggal.

Kata Kunci: Reinventing, Politik Otoritarian, Ideologi Totaliterianisme, Negara-Bangsa, Bhineka Tunggal Ika.

Keywords


Reinventing, Politik Otoritarian, Ideologi Totaliterianisme, Negara-Bangsa, Bhineka Tunggal Ika.

Full Text:

PDF

References


Anderson, B.R.O.G. (1990). Language and Power: Exploring Political Cultures in Indonesia. Ithaca: Cornell University Press.

Comte, A. (1964). “The Progress of Civilization through Three Stages,” dalam Eva Etzioni dan Amitai Etzioni (eds.), Social Change, New York: Basic Books.

Feith, H. (1962). The Decline of Constitutional Democracy in Indonesia. Ithaca: Cornell University Press.

Foucault, M. (1982). “Afterword: The Subject and Power”. Dalam H.L Dreyfus dan P Rabinow. Michel Foucault: Beyond Structuralism and Hermeneutics. Brighton: The Harvester Press.

Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures. New York:Basic Book

Kahin, G.McT. (1952) Nationalism and Revolution in Indonesia. Ithaca: Cornell University Press.

Kayam, U. (1989). Transformasi Budaya Kita, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, Diucapkan di Muka Rapat Senat Terbuka Universitas Gadjah Mada pada tanggal 19 Mei 1989 di Yogyakarta.

McVey, R. (1996). Making Indonesia: Eassay on Modern Indonesia in Honor of George McT Kahin (eds.) by Daniel S. Lev and Ruth McVey. Cornell: Cornell University Press.

Maliki, Z. (2003). Narasi Agung: Tiga Teori Sosial Hegemoni. Surabaya: LPAM

Philpott, S. (2000). Rethingking Indonesia:Postcolonial Theory, Authoritarianism and Identity. London: MacMillan Press.

Suwarsono & alvin Y. SO. (2006). Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: LP3ES.




DOI: 10.24235/jy.v5i1.4538

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.